Laporan Alat Peraga



BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya- upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil- hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat- alat yang dapat disediakan oleh sekolah. Guru sekurang- kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien yang meskipun sederhana dan bersahaja tetapi suatu keharusan dalam upaya mencapai tujuan belajar yang diharapkan. Disamping itu guru mampu menggunakan alat- alat yang tersedia dan dapat mengembangkan ketrampilan membuat media pembelajaran yang belum tersedia. Untuk itu guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pembelajaran, yang meliputi (Hamalik, 1994:6):
Sudut-sudut istimewa merupakan salah satu jenis transformasi trigonometri yang dibahas pada Sekolah Menengah Pertama pada kelas VIII. Dalam hal ini, siswa diharapkan dapat menggunakaan aturan dan menghafal dengan mudah nilai-nilai sin,cos,tan dikuadran I. Akan tetapi, siswa masih kesulitan dalam menghafal nilai-nilai sudut istimewa, khususnya pada kuadran I. Berdasarkan pengalaman kami saat menduduki tingkat menengah pertama, “Dalam materi sudut-sudut istimewa dikuadran I, menghafal nilai-nilai sudut sin,cos,tan dikuadran I, merupakan materi yang cukup sulit dalam hal memahami dan menghafalnya” (Rabu, 22 Desember 2010). Dan menurut Abdurrohman salah satu siswa SMP N 1 PETANAHAN kelas VIII pada tanggal 25 Desember 2010 menyatakan bahwa menghafal nilai-nilai sudut sangatlah sulit dihafalkan.
Untuk itu, pembahasan mengenai menghafal sudut-sudut istimewa dikuandran I akan lebih dipermudah menggunakan media pembelajaran matematika. Serta memudahkan pengajar dalam menjelaskan materi sudut-sudut istimewa, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien.

B.     PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dibuat rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana cara menghafal sudut- sudut istimewa pada kuandran I dengan media yang berjudul ”Menghafal Sudut-Sudut Istimewa Dikuadran I Dengan Mengguakan Kaidah Tangan Kiri”?

C.    TUJUAN
Adapun tujuan dari pembuatan media pembelajaran matematika ini adalah untuk menjelaskan bagaimana cara manghafal sudut-sudut istimewa di kuandran I dengan media yang berjudul ”Menghafal Sudut-Sudut Istimewa Dikuadran I Dengan Mengguakan Kaidah Tangan Kiri”.

D.    MANFAAT
Manfaat dari media pembelajaran matematika yang berjudul ”Menghafal Sudut-Sudut Istimewa “Dikuadran I Dengan Mengguakan Kaidah Tangan Kiri” adalah sebagai berikut:
1.      Khusus
a.       Agar siswa dapat mempermudah menghafalkan sudut-sudut istimewa pada kuadran I
b.      Agar siswa dapat mengetahui sudut-sudut istimewa pada kuadran I dengan menggunakan konsep kaidah tangan kiri.
2.      Umum
a.       Agar pembaca dapat mengetahui lebih dalam tentang sudut-sudut istimewa.
b.      Agar lebih mempermudah pembaca dalam hal mempelajari bagaimana menghafalkan sudut-sudut istimewa pada kuadran I dengan menggunakan konsep kaidah tangan kiri.


BAB II
ISI PEMBAHASAN

A.    GAMBAR ALAT PERAGA
















B.     ALAT DAN BAHAN
1.      Alat
-          Gergaji
-          Amplas
-          Bolpoint
-          Komputer 
-          Kompor minyak
2.      Bahan
-          Kayu
-          Lem
-          Kertas

C.    LANGKAH PEMBUATAN
1.      Membuat bentuk tangan kiri, angka-angka, huruf-huruf, dan anak panah yang dibutuhkan dengan menggunakan komputer.
2.      Siapkan gergaji, bolpoint, kayu yang telah di haluskan.
3.      Tempelkan kertas yang sudah berbentuk tangan kiri, angka-angka, huruf-huruf, dan anak panah yang dibutuhkan  ke kayu tersebut.
4.      Gergaji kayu tersebut menuruti alur gambar tangan kiri, bentuk angka-angka, bentuk huruf-huruf, bentuk anak panah yang telah dibuat.
5.      Haluskan pinggiran-pinggiran kayu menggunakan amplas.
6.      Bakar bagian permukaan kayu supaya hitam dengan menggunakan kompor minyak.
7.      Tempelkan angka-angka, huruf-huruf, dan anak panah di tangan tersebut ketempat yang telah ditentukan.
8.      Letakkan hasil tangan kiri yang sudah ditempeli oleh angka-angka, huruf-huruf, dan anak panah tersebut ke dalam sebuah kaca.

D.    CARA PENGGUNAAN
Berikut ini, akan dipelajari bagaimana menghafalkan sudut-sudut istimewa pada kuadran I (0, 30, 45, 60 dan 90) dengan menggunakan konsep kaidah TANGAN KIRI, perhatikan gambar berikut :
tangan kiri untuk membantu menghafal sudut istimewa
Cara menggunakannya,
 Nilai pada pergelangan tangan tersebut patokannya adalah    dan nilai sudut-sudut istimewa pada kuadran I = 0, 30, 45, 60 dan 90 yang ditulis pada kuku, dimulai dari kuku jari kelingking adalah (0) diibaratkan nol nilai yg kecil makanya ditulis di kelingking dan seterusnya hingga mencapai  (90) ditulis pada kuku ibujari yg diibaratkan nilai paling besar.
Nilai n= 0, 1, 2, 3, dan 4. Yang dipakai untuk sin dimulai n = 4 pada ibujari terus hingga n = 0 pada kelingking, jadi penggunaanya sebagai berikut:
n= 4 => sin 90 =  =  
n= 3 => sin 60 =
n= 2 => sin 45 =
n= 1=> sin 30 =
n= 0 => sin 0  =
Nilai n= 0, 1, 2, 3, dan 4. Yang dipakai untuk cos  dimulai n = 0 pada ibujari hingga n = 4 pada kelingking, jadi penggunaanya sebagai berikut:
n= 4 => cos 0  =
n= 3 => cos 30 =
n= 2 => cos 45 =
n= 1 => cos 60 =
n= 0 => cos 90 =
Untuk mendapatkan nilai tangen (tan) cukup kita bagi nilai sin dengan cos karena di ketahui bahwa


BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Dari laporan yang berjudul ”Menghafal Sudut-Sudut Istimewa Dikuadran I Dengan Mengguakan Kaidah Tangan Kiri”dapat disimpulkan sebagi berikut:
B.     SARAN
Untuk para pelaku dalam dunia pendidikan agar memanfaatkan segala sumber daya yang ada untuk membuat media pembelajaran yang berguna membantu proses pembelajaran sehingga mendapatkan hasil yang maksimum (dalam hal ini peserta didik dapat menerapkan materi yang diberikan dalam kehidupan sehari-hari).








Share this article :
 

+ komentar + 2 komentar

26 Maret 2015 pukul 09.23

Terima kasih, sangat bermanfaat.

3 Mei 2016 pukul 22.31

terimakasih ikut menggunakan

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ferry Bawenk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger