LAPORAN PRAKTIKUM APLIKASI KOMPUTER



LAPORAN PRAKTIKUM APLIKASI KOMPUTER
Laporan ini disusun dalam rangka memenuhi tugas kelompok
Mata Kuliah Aplikasi Komputer
Dosen: Dr. H. Bambang Priyo D., M.Kom



UMP.BMP








Disusun oleh:
Kelas III.E
1.      Eri Wartono          NIM:082143???
2.      Ferry Anggriawan NIM: 082143608
3.      ??????????             NIM: 082143???




Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
2009/2010
PERNYATAAN

            Dengan ini kami menyatakan bahwa laporan praktikum Aplikasi Komputer I beserta isinya adalah benar-benar karya kelompok kami dan kami tidak melakukan penjiplakan atau pengutipan dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan etika keilmuan yang berlaku dalam masyarakat ilmiah.
            Atas pernyataan ini, kami siap menanggung risiko/sanksi yang dijatuhkan kepada kami apabila kemudian ditemukan adanya pelanggaran terhadap etika keilmuan dalam laporan ini, atau ada klaim dari pihak lain terhadap keaslian laporan kami ini.


Purworejo,     Desember 2009
Yang membuat pernyataan,
Eri Wartotno                           (                       )
082143???
Ferry Anggriawan                   (                       )
082143608
????????                                  (                       )
082143???


                        Mengetahui
                   Dosen Pengampu


    Dr. Bambang Priyo Darminto, M.Kom
                    NIP. 131282183



DAFTAR ISI

Halaman Judul....................................................................................................
Halaman Pengesahan..........................................................................................
Daftar Isi.............................................................................................................
Aplikasi Program.................................................................................................
Laporan Kegiatan Praktikum..............................................................................
Praktikum Microsoft Word.................................................................................
Praktikum Microsoft Excel.................................................................................
Praktikum Winplot..............................................................................................











PROGRAM APLIKASI
            Dalam mata kuliah Aplikasi Komputer I ada 3 macam program aplikasi yang sudah kita pelajari, yaitu:
1.      Microsoft Word
2.      Microsoft Excel
3.      Winplot
Berikut ini akan disajikan bagaimana cara memulai dan seperti apa program aplikasi yang telah kita pelajari.
1.      Microsoft Word
·         Hidupkan komputer dengan menekan tombol start/on pada CPU, apabila dengan laptop tekan tombol power / start pada laptop anda.
·         Setelah windows terbuka, pilihlah ikon Microsoft Word yang ada di menu dekstop.
·         Apabila ikon tersebut belum ada, Microsoft Word juga dapat dibuka melalui menu START dengan dua cara, yaitu:
                                  i.            Dengan mengarahkan mouse ke toolbar menu START, kemudian klik kiri mouse satu kali (start-all program-microsoft office-microsoft word 2007), atau
                                ii.            Dengan menekan keypad start ( lambang windows) di keyboard.
·         Klik Microsoft Word 2007, beberapa saat kemudian akan muncul tampilan layar utama document word seperti terlihat pada gambar berikut ini:



2.      Microsoft Excel
·         Hidupkan komputer dengan menekan tombol start/on pada CPU, apabila dengan laptop tekan tombol power / start pada laptop anda.
·         Setelah windows terbuka, pilihlah ikon Microsoft Excel yang ada di menu dekstop.
·         Apabila ikon tersebut belum ada, Microsoft Word juga dapat dibuka melalui menu START dengan dua cara, yaitu:
i.          Dengan mengarahkan mouse ke toolbar menu START, kemudian klik kiri mouse satu kali (start-all program-microsoft office-microsoft word 2007), atau
ii.        Dengan menekan keypad start ( lambang windows) di keyboard.
·         Klik Microsoft Excel 2007, beberapa saat kemudian akan muncul tampilan layar utama document word seperti terlihat pada gambar berikut ini:
3.      Winplot
·         Hidupkan komputer dengan menekan tombol start/on pada CPU, apabila dengan laptop tekan tombol power / start pada laptop anda.
·         Setelah windows terbuka, pilihlah ikon Winplot yang ada di menu dekstop.
·         Apabila ikon tersebut belum ada, Winplot juga dapat dibuka melalui menu START dengan dua cara, yaitu:
i.          Dengan mengarahkan mouse ke toolbar menu START, kemudian klik kiri mouse satu kali (start-winplot), atau
ii.        Dengan menekan keypad start ( lambang windows) di keyboard.
·         Klik Winplot, beberapa saat kemudian akan muncul tampilan layar utama document word seperti terlihat pada gambar berikut ini:

LAPORAN KEGIATAN PRAKTIKUM APLIKASI KOMPUTER I
Mata kuliah Aplikasi Komputer I adalah salah satu mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika di semester 3. Untuk jadwal kelas III E yaitu pada hari Rabu jam kuliah pertama, pukul 07.00-09.30 WIB. Jumlah SKS yang harus ditempuh untuk mata kuliah Aplikasi Komputer I adalah 3SKS (3x50 menit).
 Kegiatan Praktik Aplikasi Komputer I terbagi dalam 3 rangkaian/ jenis praktikum, yaitu :
A.    Praktikum Microsoft Word
B.     Praktikum Microsoft Excel
C.     Praktikum Winplot
Praktikum tersebut dilaksanakan dengan tertib selama 1 semester (semester III) di Laboratorium Komputer Universitas Muhammadiyah Purworejo pada jam mata kuliah Aplikasi Komputer I.
Manfaat mempelajari Aplikasi Komputer adalah utuk menunjang proses belajar kita sebagai bekal untuk menjadi guru kelak. Karena semakin bertambahnya tahun, semakin canggih teknologi kita. Sebagai mahasiswa yang fokus di pendidikan matematika, banyak rumus – rumus yang akan digunakan. Misalnya dalam program Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Winplot.
















BAB I
MICROSOFT WORD
            Microsoft Word merupakan program dasar yang harus dikuasai oleh mahasiswa. Karena untuk menunjang proses belajar seperti mengerjakan tugas kuliah, penulisan tugas akhir, skripsi, tesis, maupun.
Kegiatan praktikum Microsoft Word dimulai dari pengenalan sekilas tentang pengertian, manfaat dan tujuan pembelajaran program Microsoft Word. Dosen telah memberikan beberapa ilustrasi singkat mengenai program Microsoft Word kepada mahasiswa. Contoh ilustrasi tersebut adalah penjelasan singkat tengtang pengertian dan kegunaan Microsoft Word bagi kalangan mahasiswa (calon guru matematika) yang nantinya akan dihadapkan pada persoalan pengolahan data seperti penulisan rumus – rumus matematika.
Hal ini penting, karena pada masa yang akan datang, kita (khususnya yang berprofesi sebagai guru matematika) harus dapat mengatasi persoalan kompleks tentang penulisan rumus matematika sesuai dengan kaidah yang telah ditentukan. Terkait dengan hal tersebut, Microsoft Word merupakan salah satu dari sekian banyak program pengolahan data yang harus dipelajari dan dikuasai.
Kegiatan tersebut kemudian berlanjut pada praktikum pengenalan Microsoft Word yang kami rinci sebagai berikut :
PERTEMUAN I           :  Mengerjakan Praktikum 1 (penulisan rumus – rumus, yaitu: pesamaan linear dengan 2 variabel, determinan, rumus x12 atau rumus abc, rumus , integral, matriks, dan zigma).                   
PERTEMUAN II         :  Mengerjakan Praktikum 2 (penulisan rumus – rumus, yaitu integral, limit, teorema hospital, dan turunan beserta langkah pengerjaannya).
PERTEMUAN III        :  Mengerjakan Praktikum 3 (mengerjakan contoh soal, materi limit, turunan, dan menghitung luas daerah).
Tujuan:  Mahasiswa dapat menuliskan rumus matematika dengan menggunakan microsoft word (equation) seperti, pesamaan linear dengan 2 variabel, determinan, rumus x12 atau rumus abc, rumus , integral, matriks, dan zigma.
Langkah – langkah pengerjaan:
1.      Membuka document kerja pada Microsoft Word 2007, sesuai dengan langkah-langkah yang tertulis dalam “Memulai Microsoft Word”.
2.      Pada word penulisan rumus tidak sembarang, ada langkah berikutnya. Pada toolbar standar klik Insert-Equation. Terdapat 11 structur equation, yaitu :
a)      Fraction                          
b)      Script
c)      Radical
d)     Integral
e)      Large Operator
f)       Bracket
g)      Function
h)      Accent
i)        Limit and Log
j)        Operator
k)      Matrix
3.      Berikut cara penulisan rumus matematika dengan menggunakan equation.
a)      Persamaan Linear 2 variabel
Klik Insert-Equation-Script, kemudian ketik soal seperti biasa.
b)      Determinan
Klik Insert-Equation-Script, kemudian ketik soal seperti biasa.
c)      Rumus x12 atau rumus abc
Klik Insert-Equation-Script-Radical.
d)     Rumus
·         Klik Insert-Equation-Fraction-Limit and Log.
·         Klik Insert-Quetion-Fraction-Script-Bracket
e)      Integral
Klik Insert-Quetion-Integral-Bracket.
f)       Matriks
Klik Insert-Quetion-Matrix-Fraction-Script.
g)      Zigma
Klik Insert-Quetion-Large Operator.
PRAKTIKUM I.
 Cara pengetikan Rumus-Rumus Matematika
 Pengetikan rumus-rumus matematika yang  digunakan disini adalah menggunakan  program  aplikasi Microsft Word. Cara mengaktifkan program aplikasi Microsoft word ada dua cara yaitu:
Cara 1. Lakukan double klik pada program aplikasi Microsoft Word yang terdapat di desktop.
Cara 2. Klik Start pada task bar, kemudian klik all Programs cari program aplikasi Microsoft Office lalu klik program aplikasi tersebut akan muncul beberapa program aplikasi. Dari beberapa program aplikasi di Microsoft Office terdapat program aplikasi Microsoft Word, lalu klik program aplikasi Mirosoft Word.
Setelah program aplikasi Microsoft Word aktif, maka kita akan siap untuk melakukan Pengetikan Rumus-Rumus Matematika.
Cara pengetikan rumus matematika itu tidak begitu rumuit atau dapat dikatakan mudah dan tidak meghabiskan waktu yang lama apabila kita sudah mengetahui caranya.
 Cara-cara pengetikan rumus-rumus matematika adalah seperti berikut:
-          Klik Insert kemudian klik Equation atau tekan pada keyboard.
-          Lalu akan muncul   
-          Kemudian ketik rumus-rumus matematika didalam  yang anda inginkan. Seperti  bentuk pembagian, persamaan kuadrat, limit, rumus trigonemetri dan lain-lain.

Adapun contoh-contoh pengetikan rumus matematika dipraktikum 1 adalah seperti dibawah ini:
PRAKTIKUM  I : Mengetik Rumus-rumus Matematika


PRAKTIKUM II
  Pengetikan Jawaban Soal-Soal Matematika
Pengetikan jawaban soal-soal matematika yang  digunakan disini adalah menggunakan  program  aplikasi Microsft Word. Cara mengaktifkan program aplikasi Microsoft word ada dua cara yaitu:
Cara 1. Lakukan double klik pada program aplikasi Microsoft Word yang terdapat di desktop.
Cara 2. Klik Start pada task bar, kemudian klik all Programs cari program aplikasi Microsoft Office lalu klik program aplikasi tersebut akan muncul beberapa program aplikasi. Dari beberapa program aplikasi di Microsoft Office terdapat program aplikasi Microsoft Word, lalu klik program aplikasi Mirosoft Word.
Setelah program aplikasi Microsoft Word aktif, maka kita akan siap untuk melakukan Pengetikan Jawaban Soal-Soal Matematika.
Cara pengetikan jawaban soal-soal matematika itu tidak begitu rumuit atau dapat dikatakan mudah dan tidak meghabiskan waktu yang lama apabila kita sudah mengetahui caranya. Dan sama caranya dengan praktikum 1.
 Cara-cara pengetikan jawaban  matematika adalah seperti berikut:
-          Klik Insert kemudian klik Equation atau tekan pada keyboard.
-          Lalu akan muncul   
-          Kemudian ketik jawaban dari soal-soal matematika didalam  yang diinginkan.
adapun contoh-contoh pengetikan jawaban soal-soal matematika di praktikum 2 adalah seperti dibawah ini:
PRAKTIKUM II
1.     

2.     
Theorema L’Hospital
Jika  atau
Maka

3.     
Cara lain:
 
4.      Sebuah benda bergerak pada kurva , dengan . Hitung kecepatan benda pada t=4!
Jawab :
Dalil rantai :




PRAKTIKUM III
 Pengetikan Soal-soal matematika disertai Rumus yang digunakan dan jawaban dari soal-soal.
Pengetikan soal-soal matematika disertai rumus yang digunakan dan jawaban dari soal tersebut sama dengan praktikum 1 dan praktikum2 adalah menggunakan  program  aplikasi Microsft Word. Cara mengaktifkan program aplikasi Microsoft word ada dua cara yaitu:
Cara 1. Lakukan double klik pada program aplikasi Microsoft Word yang terdapat di desktop.
Cara 2. Klik Start pada task bar, kemudian klik all Programs cari program aplikasi Microsoft Office lalu klik program aplikasi tersebut akan muncul beberapa program aplikasi. Dari beberapa program aplikasi di Microsoft Office terdapat program aplikasi Microsoft Word, lalu klik program aplikasi Mirosoft Word.
Setelah program aplikasi Microsoft Word aktif, maka kita akan siap untuk melakukan Pengetikan soal-soal matematika disertai rumus yang digunakan dan jawaban dari soal-soal.
Cara pengetikan soal-soal disertai rumus yang digunakan dan jawaban soal-soal pada praktikum 3 terlebih dahulu dibuat table yang memiliki empak kolom dan tiga baris.
Cara pembuatan table adalah sepeti berikut:
-          Klik Insert kemudian klik Table
-          Kemudian ambil tiga baris dan empat kolom
-          Setelah table sudah muncul atur garis kolom dan ditulis NOMER di baris ke satu kolom ke satu, SOAL pada baris ke satu kolom ke dua, RUMUS pada baris ke satu kolom ke tiga dan JAWABAN pada baris ke satu kolom ke empat.


setelah table sudah ada nomer, soal, rumus, dan jawban kemudian langkah selanjutnya adalah pengetikan soal-soal matematika disertai rumus dan jawaban soal-soal itu tidak begitu rumuit atau dapat dikatakan mudah dan tidak meghabiskan waktu yang lama apabila kita sudah mengetahui caranya.
 Cara-cara pengetikan soal-soal matematika disertai rumus dan jawaban soal-soal adalah seperti berikut:
-          Klik Insert kemudian klik Equation atau tekan pada keyboard.
-          Lalu akan muncul   
-          Kemudian ketik soal-soal matematika disertai rumus dan jawaban soal-soal didalam  yang telah ditentukan. Seperti  bentuk pembagian, persamaan kuadrat, limit, rumus trigonemetri dan lain-lain.
Contoh pengetikan soal-soal disertai rumus yang digunakan dan jawaban soal-soal didalam table pada praktikum 3 adalah seperi dibawah ini:

PRAKTIKUM III
No
Soal
Rumus
Jawaban
1.
Kerjakan dengan 2 cara
2. Persamaan yang dapat difaktorkan dicari terlebih dahulu pemfaktorannya
                         = 27
2.

                        
2.
 
 

MICROSOFT EXCEL

Microsoft Excel adalah Software / perangkat lunak berbasis windows yang digunakan untuk melakukan pengolahan data –data berupa angka baik berupa perhitungan, proyeksi, analisis, maupun presentasi data.
Dalam aplikasinya, produk unggulan Microsoft corporation ini berbentuk table yang dapat dipresentasikan melalui grafik.

A. MEMULAI MICROSOF EXCEL
Untuk memulai Microsof Excel, ikuti langkah langkah berikut:
·         Klik menu Start di pojok kiri bawah layar komputer, pilih Program Microsoft Office-Microsoft Office Excel 2003.  Tunggu beberapa saat akan tampak tampilan Workbook (buku kerja yang merupakan dokumen excel dan berbentuk file dengan extension XLS) seperti terlihat pada gambar berikut ini:
Workbook di atas terdiri dari :
Title bar  adalah baris judul yang berisi Aplikasi dan File (document) yang  sedang aktif.
Menu Bar adalah baris menu yang aktif, ex : File, Edit, View, Format, dll.
Toolbar Standar adalah baris yang berisi icon-icon yang aktif dan  berfungsi untuk menjalankan perintah-perintah secara cepat (short cut), ex : Toolbar New, Open, Save, Print, dll.
Formula Bar adalah baris rumus yang disediakan untuk melakukan pengetikan rumus dan perhitungannya.
Sel adalah perpotongan atau pertemuan antara kolom dan baris atau sebalikny, ex : A2, B3, G5, dll.
Coloumn/kolom adalah bagian lembar kerja yang berbentuk horizontal dan dinyatakan dengan abjad. Dimulai dengan kolom A s.d kolom IV.
Row/baris adalah bagian dari lembar kerja yang berbentuk vertical dan dinyatakan dengan huruf.  Dimulai dengan baris 1 s.d baris 65536.
Dll.
B. KEGIATAN PRAKTIKUM IV
1. Menghitung Nilai Max, Min, Median, Mode, dan Stdev Pada Suatu Data PRESET Dan POSTES
Tujuan :
a)      Mahasiswa dapat menggunakan fungsi fungsi max, min, median, mode, dan  stdev
b)      Mahasiswa dapat membuat grafik dari sejumlah data.
Langkah-langkah kegiatan :
1)      Bukalah program Microsof Excel.
2)      Tulis pada tiap kotak sel aktif sebagai berikut:
a)      Pada judul kolom C, tulis angka (data) untuk PRETEST.
b)      Pada judul kolom D, tulis angka(data) untuk POSTES.
c)      Pada judul kolom A, ditulis angka(nomer) dari 1 s/d 11
d)     Pada judul kolom B, tulis Maximum, Minimum, Mean, Median, Mode, Std. deviasi





Sehingga akan didapat data seperti berikut ini :
3)      Kemudian buatlah rumus sebagai berikut :
a)      Pada kotakC13, ketik =max(C2:C12) lalu tekan enter pada keyboard.
b)      Pada kotak C13, ketik =max(D2:D12) lalu tekan enter pada keyboard.
c)      Pada kotak C14, ketik =min(C2:C12) lalu tekan enter pada keyboard.
d)     Pada kotak C14, ketik =min(D2:D12) lalu tekan enter pada keyboard.
e)      Pada kotak C15, ketik =mean(C2:C12) lalu tekan enter pada keyboard.
f)       Pada kotak C15, ketik =mean(D2:D12) lalu tekan enter pada keyboard.
g)      Pada kotak B16, ketik =median(C2:C12) lalu tekan enter pada keyboard.
h)      Pada kotak C16, ketik =median(D2:D12) lalu tekan enter pada keyboard.
i)        Pada kotak B17, ketik =mode(C2:C12) lalu tekan enter pada keyboard.
j)        Pada kotak C17, ketik =mode(D2:D12) lalu tekan enter pada keyboard.
k)      Pada kotak B18, ketik =stdev(C2:C12) lalu tekan enter pada keyboard.
l)        Pada kotak C18, ketik =stdev(D2:D12) lalu tekan enter pada keyboard.
Sehingga akan didapat data seperti di bawah ini:
4)      Kemudian buatlah grafik dari kedua data tersebut dalam bentuk diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran. Caranya:
a)      Untuk membuat diagram garis, klik insert pada menu bar, klik lines kemudian pilih gambar yang akan digunakan, klik finish.
b)      Untuk membuat diagram batang, klik insert pada menu bar, klik column kemudian pilih gambar yang akan digunakan, klik finish.
c)      Untuk membuat diagram lingkaran, klik insert pada menu bar, klik pie kemudian pilih gambar yang akan digunakan, klik finish.
Sehingga akan didapat gambar seperti berikut ini:
5)      Letakkan grafik dari kedua data tersebut kedalam sheet2 dengan cara:
a)      Klik design pada menu bar, kemudian klik move chart
b)      Pilih new sheet, kemudian tentukan crat yang diinginkan, klik ok


Sehingga akan didapat gambar seperti berikut ini:

2. DATA JUMLAH MAHASISWA FKIP UMP
Tujuan:
-          Mahasiswa dapat membuat grafik dari sejumlah data.
Langkah-langkah kegiatan :
1)      Bukalah program Microsof Excel.
2)      Tulis pada tiap kotak sel aktif sebagai berikut:
a.       Terlebih dahulu menulis judul yaitu"DATA JUMLAH MAHASISWA FKIP UMP"
b.      Pada judul kolom A1, ditulis NAMA PROGDI
c.       Pada kolom B, ditulis angka(data) untuk tahun 2005/2006
d.      Pada kolom C, ditulis angka(data) untuk tahun 2006/2007
e.       Pada kolom D, ditulis angka(data) untuk tahun 2007/2008
f.       Pada kolom E, ditulis angka(data) untuk tahun 2008/2009
g.      Pada kolom F, ditulis angka(data) untuk tahun 2009/2010
Sehingga akan didapat data seperti di bawah ini:
3)      Kemudian buatlah grafik dari kedua data tersebut dalam bentuk diagram batang. Caranya:
-          Untuk membuat diagram batang, klik insert pada menu bar, klik column kemudian pilih gambar yang akan digunakan, klik finish.
Sehingga akan didapat gambar seperti berikut ini:
4)      Letakkan grafik dari kedua data tersebut kedalam sheet4dengan cara:
a.       Klik design pada menu bar, kemudian klik move chart
b.      Pilih new sheet, kemudian tentukan crat yang diinginkan, klik ok
Sehingga akan didapat gambar seperti berikut ini:
3) KARTU HASIL STUDI
Tujuan:
a)      Mahasiswa memahami penggunaan funsi logika IF.
Fungsi IF adalah salah satu fungsi logika yang dapat dipakai untuk memasukkan data dengan suatu syarat yaitu data yang akan diuji atau dievaluasi akan menentukan data dalam lembar kerja.
Bila hasil evaluasi TRUE atau memenuhi syarat, maka Value_IF_TRUE yang akan dihasilkan. Sebaliknya, bila hasil evaluasi FALSE, maka Value_IF_FALSE yang akan dihasilkan.
b)      Mahasiswa dapat menghitung jumlah sks dan mutu x sks
c)      Mahasiawa dapat memperkirakan nilai indeks prestasi masing-masing
d)     Mahasiswa dapat menghitung nilai indeks prestasi masing-masing
Langkah-langkah kegiatan :
1)      Bukalah program Microsof Excel.
2)      Tulis pada tiap kotak sel aktif sebagai berikut:
a.       Terlebih dahulu tulis judul yaitu"KARTU HASIL STUDI”
b.      Pada judul kolom A, tulis angka(Nomer) dari 1 s/d 9
c.       Pada judul kolom B, tulis jenis MATA KULIAH
d.      Pada judul kolom C, tulis huruf(data)A,B,C,D, dan E untuk NILAI
e.        Pada judul kolom D, tulis MUTU
f.       Pada judul kolom E, tulis angka(data)untuk SKS
g.      Pada judul kolom F, tulis MUTU X SKS
h.      Pada kolom C14 , tulis JUMLAH
i.        Pada kolom E, tulis IP
Sehingga akan didapat data seperti di bawah ini:
3)      Kemudian buatlah rumus sebagai berikut:
i. Rumus MUTU
a.       Pada kotak D5, ketik =IF(D5="E",0,IF(D5="D",1,IF(D5="C",2,IF(D5="B",3,IF(D5="A",4,"SALAH"))))
b.      Pada kotak D6, ketik =IF(D6="E",0,IF(D6="D",1,IF(D6="C",2,IF(D6="B",3,IF(D6="A",4,"SALAH"))))
c.       Pada kotak D7, ketik =IF(D7="E",0,IF(D7="D",1,IF(D7="C",2,IF(D7="B",3,IF(D7="A",4,"SALAH"))))
d.      Pada kotak D8, ketik =IF(D8="E",0,IF(D8="D",1,IF(D8="C",2,IF(D8="B",3,IF(D8="A",4,"SALAH"))))
e.       Pada kotak D9, ketik =IF(D9="E",0,IF(D9="D",1,IF(D9="C",2,IF(D9="B",3,IF(D9="A",4,"SALAH"))))
f.       Pada kotak D10, ketik =IF(D10="E",0,IF(D10="D",1,IF(D10="C",2,IF(D10="B",3,IF(D10="A",4,"SALAH"))))
g.       Pada kotak D11, ketik =IF(D11="E",0,IF(D11="D",1,IF(D11="C",2,IF(D11="B",3,IF(D11="A",4,"SALAH"))))
h.      Pada kotak D12, ketik =IF(D12="E",0,IF(D12="D",1,IF(D12="C",2,IF(D12="B",3,IF(D12="A",4,"SALAH"))))
i.        Pada kotak D13, ketik =IF(D13="E",0,IF(D13="D",1,IF(D13="C",2,IF(D13="B",3,IF(D13="A",4,"SALAH"))))
ii. Rumus MUTU X SKS
a.       Pada kotak F5, ketik =D5*E5
b.      Pada kotak F6, ketik =D6*E6
c.       Pada kotak F7, ketik =D7*E7
d.      Pada kotak F8, ketik =D8*E8
e.       Pada kotak F9, ketik =D9*E9
f.       Pada kotak F10, ketik =D10*E10
g.       Pada kotak F11, ketik =D11*E11
h.      Pada kotak F12, ketik =D12*E12
i.        Pada kotak F13, ketik =D13*E13
iii. Rumus Jumlah SKS
-          Pada kotak E14, ketik =SUM(E5:E13)
iv. Rumus Jumlah MUTU X SKS
-          Pada kotak F14, ketik =SUM(F5:F13)
v. Rumus mencari Indeks Prestasi(IP)
-    Pada kotak E15, ketik =F14/E14





Sehingga akan didapat data seperti berikut ini :
             
C. KEGIATAN PRAKTIKUM V     
1. Grafik Fungsi Linear
Tujuan:
a.       Mahasiswa dapat mengetahui nilai persamaan dari” y1=2x+4 dan y2=-3x+5” dengan memasukkan nilai “x”
b.      Mahasiswa dapat membuat grafik fungsi linear dari suatu data
Langkah-langkah kegiatan:
1)      Bukalah program Microsof Excel.
2)      Tulis pada tiap kotak sel aktif sebagai berikut:
a.       Pada judul kolom A, tulis angka (data) dari -5 s/d 5 untuk nilai X
b.      Pada judul kolom B, tulis persamaan y1=2x+4
c.       Pada judul kolom C, tulis persamaan y2=3x+5
Sehingga akan didapat data seperti di bawah ini:


3)      Kemudian buatlah rumus sebagai berikut:
-          Persamaan y1=2x+4
a.       Pada kotak B2, ketik =2*A2+4
b.      Pada kotak B3, ketik =2*A3+4
c.       Pada kotak B4, ketik =2*A4+4
d.      Pada kotak B5, ketik =2*A5+4
e.       Pada kotak B6, ketik =2*A6+4
f.       Pada kotak B7, ketik =2*A7+4
g.       Pada kotak B8, ketik =2*A8+4
h.      Pada kotak B9, ketik =2*A9+4
i.        Dst sampai pada kotak B42, ketik =2*A42+4
-          Persamaan y2=3x+5
a.       Pada kotak C2, ketik = =-3*A2+5
b.      Pada kotak C3, ketik = =-3*A3+5
c.       Pada kotak C4, ketik =-3*A4+5
d.      Pada kotak C5, ketik =-3*A5+5
e.       Pada kotak C6, ketik =-3*A6+5
f.       Pada kotak C7, ketik =-3*A7+5
g.      Pada kotak C8, ketik =-3*A8+5
h.      Pada kotak C9, ketik =-3*A9+5
i.        Dst sampai pada kotak C42, ketik  =-3*A42+5
Sehingga akan didapat data seperti di bawah ini:
4)      Kemudian buatlah grafik dari kedua data tersebut dalam bentuk diagram garis. Caranya:
-          Untuk membuat diagram batang, klik insert pada menu bar, klik line  kemudian pilih gambar yang akan digunakan, klik finish.
Sehingga akan didapat gambar seperti berikut ini:
5)      Letakkan grafik dari kedua data tersebut kedalam chart1dengan cara:
a.       Klik design pada menu bar, kemudian klik move chart
b.      Pilih new sheet, kemudian tentukan crat yang diinginkan, klik ok
Sehingga akan didapat gambar seperti berikut ini:
2. Grafik Fungsi Kuadrat
Tujuan:
a.       Mahasiswa dapat mengetahui nilai persamaan kuadrat dari” y1= 2x2-3x+1 dan y2= -3x2+2x+4” dengan memasukkan nilai “x”
b.      Mahasiswa dapat membuat grafik fungsi linear dari suatu data
Langkah-langkah kegiatan:
1)      Bukalah program Microsof Excel.
2)      Tulis pada tiap kotak sel aktif sebagai berikut:
a.       Pada judul kolom A, tulis angka (data) dari -5 s/d 5 untuk nilai X
b.      Pada judul kolom B, tulis persamaan y1=2x2-3x+1
c.       Pada judul kolom C, tulis persamaan y2=-3x2+2x+4
Sehingga akan didapat data seperti di bawah ini:
3)      Kemudian buatlah rumus sebagai berikut:
-          Persamaan y1=2x2-3x+1
a.       Pada kotak B2, ketik =2*(A2)^2-3*A2+1
b.      Pada kotak B3, ketik =2*(A3)^2-3*A3+1
c.       Pada kotak B4, ketik =2*(A4)^2-3*A4+1
d.      Pada kotak B5, ketik =2*(A5)^2-3*A5+1
e.       Pada kotak B6, ketik =2*(A6)^2-3*A6+1
f.       Pada kotak B7, ketik =2*(A7)^2-3*A7+1
g.       Pada kotak B8, ketik =2*(A8)^2-3*A8+1
h.      Pada kotak B9, ketik =2*(A9)^2-3*A9+1
i.        Dst sampai pada kotak B42, ketik =2*(A42)^2-3*A42+1
-          Persamaan y2=-3x2+2x+4
a.       Pada kotak C2, ketik =-3*(A2)^2+2*A2+4
b.      Pada kotak C3, ketik =-3*(A3)^2+2*A3+4
c.       Pada kotak C4, ketik =-3*(A4)^2+2*A4+4
d.      Pada kotak C5, ketik =-3*(A5)^2+2*A5+4
e.       Pada kotak C6, ketik =-3*(A6)^2+2*A6+4
f.       Pada kotak C7, ketik =-3*(A7)^2+2*A7+4
g.       Pada kotak C8, ketik =-3*(A8)^2+2*A8+4
h.      Pada kotak C9, ketik =-3*(A9)^2+2*A9+4
i.        Dst sampai pada kotak C42, ketik =-3*(A42)^2+2*A42+4
Sehingga akan didapat data seperti di bawah ini:
4)      Kemudian buatlah grafik dari kedua data tersebut dalam bentuk diagram garis. Caranya:
Untuk membuat diagram batang, klik insert pada menu bar, klik line  kemudian pilih gambar yang akan digunakan, klik finish.




Sehingga akan didapat gambar seperti berikut ini:
5)      Letakkan grafik dari kedua data tersebut kedalam chart2dengan cara:
c.       Klik design pada menu bar, kemudian klik move chart
d.      Pilih new sheet, kemudian tentukan crat yang diinginkan, klik ok
Sehingga akan didapat gambar seperti ini:
3)      Grafik Fungsi Logaritma
Tujuan:
a.       Mahasiswa dapat mengetahui nilai dari “y = log (x)” dengan memasukkan nilai “x”
b.      Mahasiswa dapat menggambar grafik fungsi logaritma dari suatu data
 Langkah-langkah kegiatan:
1)      Bukalah program Microsof Excel.
2)      Tulis pada tiap kotak sel aktif sebagai berikut:
a.       Pada judul kolom A, ditulis angka (data) untuk X
b.      Pada judul kolom B, ditulis y=log(x)
Sehingga akan didapat data seperti ini:
3)      Kemudian buatlah rumus sebagai berikut:
a.       Pada kotak B2, ketik =LOG(A2)
b.      Pada kotak B3, ketik =LOG(A3)
c.       Pada kotak B4, ketik =LOG(A4)
d.      Pada kotak B5, ketik =LOG(A5)
e.       Pada kotak B6, ketik =LOG(A6)
f.       Pada kotak B7, ketik =LOG(A7)
g.      Pada kotak B8, ketik =LOG(A8)
h.      Pada kotak B9, ketik =LOG(A9)
i.        Pada kotak B10, ketik =LOG(10)
j.        Pada kotak B11,ketik =LOG(A11)
k.      Pada kotak B12, ketik =LOG(A12)
l.        Pada kotak B13, ketik =LOG(A13)
m.    Pada kotak B14, ketik =LOG(A14)
Sehingga akan didapat data seperti ini:
4)      Kemudian buatlah grafik dari data tersebut dalam bentuk diagram garis. Caranya: Untuk membuat diagram batang, klik insert pada menu bar, klik line  kemudian pilih gambar yang akan digunakan, klik finish.
Sehingga akan didapat gambar seperti berikut ini:

5)      Letakkan grafik dari kedua data tersebut kedalam chart3dengan cara:
a.       Klik design pada menu bar, kemudian klik move chart
b.      Pilih new sheet, kemudian tentukan crat yang diinginkan, klik ok
Sehungga akan diperoleh gambar seperi ini:

4.      Grafik Fungsi Eksponensial
Tujuan:
a.       Mahasiswa dapat mengetahui nilai dari” y1=2x dan y2=(2)x” dengan memasukkan nilai dari “x”
b.      Mahasiswa dapat menggambar grafik fungsi ekspinonsial

Langkah-langkah kegiatan:
1)      Bukalah program Microsof Excel.
2)      Tulis pada tiap kotak sel aktif sebagai berikut:
a.       Pada judul kolom A, ditulis angka (data) untuk X
b.      Pada judul kolom B, ditulis y1=2x
c.       Pada judul kolom C, ditulis y2=(2)x
Sehingga akan didapat data seperti ini:
3)      Kemudian buatlah rumus sebagai berikut:
-          Persamaan y1=2x
a.       Pada kotak B2, ketik =2^A2
b.      Pada kotak B3, ketik =2^A3
c.       Pada kotak B4, ketik =2^A4
d.      Pada kotak B5, ketik =2^A5
e.       Pada kotak B6, ketik =2^A6
f.       Pada kotak B7, ketik =2^A7
g.      Pada kotak B8, ketik =2^A8
h.      Pada kotak B9, ketik =2^A9
i.        Dst sampai pada kotak B42, ketik =2^A42

-          Persamaan y2=(2)x
a.       Pada kotak C2, ketik =(1/2)^A2
b.      Pada kotak C3, ketik =(1/2)^A3
c.       Pada kotak C4, ketik =(1/2)^A4
d.      Pada kotak C5, ketik =(1/2)^A5
e.       Pada kotak C6, ketik =(1/2)^A6
f.       Pada kotak C7, ketik =(1/2)^A7
g.      Pada kotak C8, ketik =(1/2)^A8
h.      Pada kotak C9, ketik =(1/2)^A9
i.        Pada kotak C42, ketik =(1/2)^A42
Sehingga akan didapat data seperti ini:
4)      Kemudian buatlah grafik dari kedua data tersebut dalam bentuk diagram garis. Caranya: Untuk membuat diagram batang, klik insert pada menu bar, klik line  kemudian pilih gambar yang akan digunakan, klik finish.




Sehingga akan didapat gambar seperti berikut ini:
5)      Letakkan grafik dari kedua data tersebut kedalam chart4dengan cara:
a.       Klik design pada menu bar, kemudian klik move chart
b.      Pilih new sheet, kemudian tentukan crat yang diinginkan, klik ok
Sehingga akan didapat gambar seperti ini:
5.      Grafik Fungsi Trigonometri
Tujuan:
a.       Mahasiswa dapat mennghitung nilai dari y=sin x, y=cos x, y= tan x, y=cotan x
b.      Mahasiswa dapat menggambar grafik fungsi trigonometri
c.       Mahasiswa dapat menggambar grafik dari fungsi y= sin x, y= cos x, y= tan x, dan
 y= cotan x
Langkah-langkah kegiatan:
1)      Bukalah program Microsof Excel.
2)      Tulis pada tiap kotak sel aktif sebagai berikut:
a.       Pada kolom A, tulis angka (data) kelipatan 15 dari 0 s/d 360 untuk nilai X
b.      Pada kolom B, tulis y= sin x
c.       Pada kolom C, tulis y= cos x
d.      Pada kolom D, tulis y= tan x
e.       Pada kolom E, tulis y= cotan x
Sehingga akan didapat data seperti ini:
3)      Kemudian buatlah rumus sebagai berikut:
-          Rumus mencari niai dari persamaan y= sin x
a.    Pada kotak B2, ketik =SIN(RADIANS(A2))
b.      Pada kotak B3, ketik =SIN(RADIANS(A3))
c.       Pada kotak B4, ketik =SIN(RADIANS(A4))
d.      Pada kotak B5, ketik =SIN(RADIANS(A5))
e.       Pada kotak B6, ketik =SIN(RADIANS(A6))
f.       Pada kotak B7, ketik =SIN(RADIANS(A7))
g.      Pada kotak B8, ketik =SIN(RADIANS(A8))
h.      Pada kotak B9, ketik =SIN(RADIANS(A9))
i.        Dst sampai pada kotak B26, ketik =SIN(RADIANS(A26))
-          Rumus mencari nilai dari persamaan y= cos x
a.       Pada kotak C2, ketik =COS(RADIANS(A2))
b.      Pada kotak C3, ketik =COS(RADIANS(A3))
c.       Pada kotak C4, ketik =COS(RADIANS(A4))
d.      Pada kotak C5, ketik =COS(RADIANS(A5))
e.       Pada kotak C6, ketik =COS(RADIANS(A6))
f.       Pada kotak C7, ketik =COS(RADIANS(A7))
g.      Pada kotak C8, ketik =COS(RADIANS(A8))
h.      Pada kotak C9, ketik =COS(RADIANS(A9))
i.        Dst sampai pada kotak C26, ketik =COS(RADIANS(A26))
-          Rumus mencari nilai dari persamaan y= tan x
a.       Pada kotak D2, ketik =TAN(RADIANS(A2))
b.      Pada kotak D3, ketik =TAN(RADIANS(A3))
c.       Pada kotak D4, ketik =TAN(RADIANS(A4))
d.      Pada kotak D5, ketik =TAN(RADIANS(A5))
e.       Pada kotak D6, ketik =TAN(RADIANS(A6))
f.       Pada kotak D7, ketik =TAN(RADIANS(A7))
g.      Pada kotak D8, ketik =TAN(RADIANS(A8))
h.      Pada kotak D9, ketik =TAN(RADIANS(A9))
i.        Dst sampai pada kotak D26, ketik =TAN(R8DIANS(A26))
-          Rumus mencari nilai dari persamaan y= cotan x
a.       Pada kotak D2, ketik =1/TAN(RADIANS(A2))
b.      Pada kotak D3, ketik =1/TAN(RADIANS(A3))
c.       Pada kotak D4, ketik =1/TAN(RADIANS(A4))
d.      Pada kotak D5, ketik =1/TAN(RADIANS(A5))
e.       Pada kotak D6, ketik =1/TAN(RADIANS(A6))
f.       Pada kotak D7, ketik =1/TAN(RADIANS(A7))
g.      Pada kotak D8, ketik =1/TAN(RADIANS(A8))
h.      Pada kotak D9, ketik =1/TAN(RADIANS(A9))
i.        Dst sampai pada kotak D26, ketik =1/TAN(RADIANS(A26))
Sehingga akan didapat data seperti ini:
4)      Kemudian buatlah grafik dari keempat data tersebut dalam bentuk diagram garis. Caranya: Untuk membuat diagram batang, klik insert pada menu bar, klik line  kemudian pilih gambar yang akan digunakan, klik finish.
Sehingga akan didapat gambar seperti berikut ini:
5)      Letakkan grafik dari kedua data tersebut kedalam chart5dengan cara:
a.       Klik design pada menu bar, kemudian klik move chart
b.      Pilih new sheet, kemudian tentukan crat yang diinginkan, klik ok
Sehingga akan didapat gambar seperti ini:
6)      Kemudian buatlah grafik satu persatu dari keempat data tersebut dalam bentuk diagram garis dengan menggunakan data-data diatas. Caranya: Untuk membuat diagram batang, blok terlebih dahulu kolom yang akan digunakan. Kemudian klik insert pada menu bar, klik line  kemudian pilih gambar yang akan digunakan, klik finish.
Sehingga akan diperoleh gambar seperti ini:
D. PRAKTIKUM VI
1. Fungsi dari VLOOKUP
      Tujuan:
Ø  Mahasiswa mengetahui kriteria nilai yang telah ditentukan di samping table data dengan cara data tersebut tesusun vertika.
langkah-langkah kegiatan:
1)      Bukalah program Microsof Excel.
2)      Tulis pada tiap kotak sel aktif sebagai berikut:
a.       Pada judul kolom A, tulis angka(Nomer) dari 1 s/d 10 untuk NOMER
b.      Pada judul kolom B, tulis NAMA MAHASISWA
c.       Pada judul kolom C, tulis NILAI
d.      Pada judul kolom D, tulis PREDIKAT
e.       Pada kolom H8 s/d H12, ditulis data NILAI
f.       Pada kolom I8 s/d I12, ditulis data PREDIKAT
Sehingga akan didapat data seperti ini:
3)      Kemudian buat rumus sebagai berikut:
a.       Pada kotak D2, ketik =VLOOKUP(C2,$H$8:$I$12,2,0)
b.      Pada kotak D3, ketik =VLOOKUP(C3,$H$8:$I$12,2,0)
c.       Pada kotak D4, ketik =VLOOKUP(C4,$H$8:$I$12,2,0)
d.      Pada kotak D5, ketik =VLOOKUP(C5,$H$8:$I$12,2,0)
e.       Pada kotak D6, ketik =VLOOKUP(C6,$H$8:$I$12,2,0)
f.       Pada kotak D7, ketik =VLOOKUP(C7,$H$8:$I$12,2,0)
g.      Pada kotak D8, ketik =VLOOKUP(C8,$H$8:$I$12,2,0)
h.      Pada kotak D9, ketik =VLOOKUP(C9,$H$8:$I$12,2,0)
i.        Pada kotak D10, ketik =VLOOKUP(C10,$H$8:$I$12,2,0)
j.        Pada kotak D11, ketik =VLOOKUP(C11,$H$8:$I$12,2,0)
Dari rumus tersebut memiliki keterangan sebagai berikut:
Dan sehingga dapat diperoleh data seperti ini:

2. Fungsi dari HLOOKUP
Tujuan:
Ø  Mahasiswa mengetahui kriteria nilai yang telah ditentukan di samping table data dengan cara data tersebut tesusun horizontal.
Langkah-langkah kegiatan:
1)      Bukalah program Microsof Excel.
2)      Tulis pada tiap kotak sel aktif sebagai berikut:
a.       Pada judul kolom A, tulis angka(Nomer) dari 1 s/d 10 untuk NOMER
b.      Pada judul kolom B, tulis NAMA MAHASISWA
c.       Pada judul kolom C, tulis NILAI
d.      Pada judul kolom D, tulis PREDIKAT
e.       Pada kolom H2,I2,J2,K2,L2, tulis data untuk NILAI
f.       Pada kolom H3,I3,J3,K3,L3, tulis data untuk PREDIKAT
Sehingga akan diperoleh data seperti berikut:
3)      Kemudian buat rumus sebagai berikut:
a.       Pada kotak D2, ketik =HLOOKUP(C2,$H$2:$L$3,2,0)
b.      Pada kotak D3, ketik =HLOOKUP(C3,$H$2:$L$3,2,0)
c.       Pada kotak D4, ketik =HLOOKUP(C4,$H$2:$L$3,2,0)
d.      Pada kotak D5, ketik =HLOOKUP(C5,$H$2:$L$3,2,0)
e.       Pada kotak D6, ketik =HLOOKUP(C6,$H$2:$L$3,2,0)
f.       Pada kotak D7, ketik =HLOOKUP(C7,$H$2:$L$3,2,0)
g.      Pada koak D8, ketik =HLOOKUP(C8,$H$2:$L$3,2,0)
h.      Pada ktakm D9, ketik =HLOOKUP(C9,$H$2:$L$3,2,0)
i.        Pada kotak D10, ketik =HLOOKUP(C10,$H$2:$L$3,2,0)
j.        Pada kotak D11, ketik =HLOOKUP(C11,$H$2:$L$3,2,0)
Dari rumus tersebut memiliki keterangan sebagai berikut:
Sehingga akan diperoleh data seperti ini:

3. Menghitung Nilai Ujian Nasional
            Tujuan :
Ø  Mahasiswa dapat lebih mudah mengitung nilai ujian dan rata-rata nilai keseluruhan
Ø    Mahasiswa mengetahui kriteria nilai yang telah ditentukan di samping table data dengan cara data tersebut tesusun vertika.
A.    Membuat Daftar Nama Serta Nilai Mata Pelajaran Yang Di Ujikan
Langkah-langkah kegiatan:
1)      Bukalah program Microsof Excel.
2)      Tulis pada tiap kotak sel aktif sebagai berikut:
a.       Pada judul kolom A, tulis angka dari 1 s/d 10 untuk NOMER
b.      Pada judul kolom B, tulis nomer untuk NIM
c.       Pada judul kolom C, tulis NAMA MAHASISWA
d.      Pada judul kolom D, tulis nilai (data) untuk BHS. INDONESIA
e.       Pada judul kolom E, tulis nilai (data) untuk BHS. INGGRIS
f.       Pada judul kolom F, tulis nilai (data) untuk IPA
g.      Pada judul kolom G, tulis nilai (data) untuk IPS
h.      Pada judul kolom H, tulis nilai (data) untuk MATEMATIKA
i.        Pada judul kolom I, tulis JUMLAH
j.        Pada judul kolom J, tulis RATA-RATA
k.      Pada judul kolom K, tulis PERINGKAT
l.        Pada kolom A13 s/d A73, tulis nilai (data) dari 40 s/d 100 untuk NILAI
m.    Pada kolom B13 s/d B73, tulis nilai (data) untuk KRITERIA dari NILAI tersebut
n.      Pada sheet diganti nama menjadi LEGGER
Sehingga akan didapat data seperti ini:

B.     Membuat Laporan Nilai Ujian Nasional
Langkah-langkah kegiatan:
1)      Bukalah program Microsof Excel.
2)      Tulis pada tiap kotak sel aktif sebagai berikut:
a.       Buat judul terlebih dahulu
b.      Pada judul kolom A4, tulis NAMA
c.       Pada judul kolom A5, tulis NO URUT
d.      Pada judul kolom A9 s/d A13, tulis angka untuk NOMER
e.       Pada judul kolom B9 s/d B13, tulis jenis MATA PELAJARAN
f.       Pada judul kolom C7 s/d D7, tulis NILAI
g.      Pada judul kolom C8, tulis ANGKA
h.      Pada judul kolom D8, tulis HURUF
i.        Pada kolom judul B14, tulis RATA-RATA
j.        Pada kolom D16, tulis ALAMAT dan TANGGAL
k.      Pada kolom D22, tulis NAMA KEPALA SEKOLAH
Sehingga akan akan diperoleh data seperti ini:
3)      Kemudian buat rumus seperti berikut:
Ø  Mencari NAMA
Pada kotak B4, ketik =VLOOKUP($B$5,'LEGGER!'!$A$2:$K$11,3)
Ø  No urut tersebut tanpa rumus tetapi ditulis sendiri sesuai keinginan
Ø  Mancari nilai dalam bentuk ANGKA
a.       Pada kotak C9, ketik =VLOOKUP($B$5,'LEGGER!'!$A$2:$K$11,4)
b.      Pada kotak C10, ketik =VLOOKUP($B$5,'LEGGER!'!$A$2:$K$11,5)
c.       Pada kotak C11, ketik =VLOOKUP($B$5,'LEGGER!'!$A$2:$K$11,6)
d.      Pada kotak C12, ketik =VLOOKUP($B$5,'LEGGER!'!$A$2:$K$11,7)
e.       Pada kotak C13, ketik =VLOOKUP($B$5,'LEGGER!'!$A$2:$K$11,8)
Dari rumus-rumus diatas memiliki keteragan sebagai berikut:
 
Ø  Mencari nilai dalam bentuk HURUF
a.       Pada kotak D9, ketik =VLOOKUP(C9,'LEGGER!'!$A$13:$B$73,2)
b.      Pada kotak D10, ketik =VLOOKUP(C10,'LEGGER!'!$A$13:$B$73,2)
c.       Pada kotak D11, ketik =VLOOKUP(C11,'LEGGER!'!$A$13:$B$73,2)
d.      Pada kotak D12, ketik =VLOOKUP(C12,'LEGGER!'!$A$13:$B$73,2)
e.       Pada kotak D13, ketik =VLOOKUP(C13,'LEGGER!'!$A$13:$B$73,2)
Dari rumus diatas memiliki keterangan sebagai berikut:
Ø  Mencari RATA-RATA
-          Dalam bentuk angka
Pada kotak C14, ketik =VLOOKUP($B$5,'LEGGER!'!$A$2:$K$11,10)
-          Dalam bentuk huruf
Pada kotak D14, ketik =VLOOKUP(C14,'LEGGER!'!$A$13:$B$73,2)
Sehingga akan didapat data seperti ini:

E. PRAKTIKUM VII
1. Laporan Penjualan Media
            Tujuan:
Ø  Mahasiswa dapat menghitung jumlah penjualan media dengan menggunak kode barang
Ø  Masiswa dapat menghitung jumlah harga pada penjualan media
a.       Terlebih dahulu tulis JUDUL TABEL
b.      Pada judul kolom A, tulis angka dari 1 s/d 15 untuk NOMER
c.       Pada judul kolom B, tulis NAMA MEDIA
d.      Pada judul kolom C, tulis KODE MEDIA
e.       Pada judul kolom D, tulis angka(data) untuk HARGA MEDIA
f.       Pada judul kolom E, tulis angka (data) untuk VOLUME PENJUALAN PADA TANGGAL 1
g.      Pada judul kolom F, tulis angka (data) untuk VOLUME PENJUALAN PADA TANGGAL 2
h.      Pada judul kolom G, tulis angka (data) untuk VOLUME PENJUALAN PADA TANGGAL 3
i.        Pada judul kolom H, tulis angka (data) untuk VOLUME PENJUALAN PADA TANGGAL 4
j.        Pada judul kolom I, tulis angka (data) untuk VOLUME PENJUALAN PADA TANGGAL 5
k.      Pada judul kolom J, tulis angka (data) untuk VOLUME PENJUALAN PADA TANGGAL 6
l.        Pada judul kolom K, tulis angka (data) untuk VOLUME PENJUALAN PADA TANGGAL 7
m.    Pada judul kolom L, tulis JUMLAH TERJUAL
n.      Pada judul kolom M, tulis JUMLAH HARGA
o.      Pada baris ke-21, tulis JUMLAH KORAN TERJUAL
p.      Pada baris ke-22, tulis JUMLAH TABLOID TERJUAL
q.      Pada baris ke-23, tulis JUMLAH MAJALAH TERJUAL
r.        Pada baris ke-24, tulis TOTAL

Sehingga akan didapat data seperti ini:
1)      Buatlah rumus sebagai berikut:
-          Mencari Jumlah Terjual
a.       Pada kotak L5, ketik =SUM(E5:K5)
b.      Pada kotak L6, ketik =SUM(E6:K6)
c.       Pada kotak L7, ketik =SUM(E7:K7)
d.      Pada kotak L8, ketik =SUM(E8:K8)
e.       Pada kotak L9, ketik =SUM(E9:K9)
f.       Pada kotak L10, ketik =SUM(E10:K10)
g.      Pada kotak L11, ketik =SUM(E11:K11)
h.      Pada kotak L12, ketik =SUM(E12:K12)
i.        Pada kotak L13, ketik =SUM(E13:K13)
j.        Pada kotak L14, ketik =SUM(E14:K14)
k.      Pada kotak L15, ketik =SUM(E15:K15)
l.        Pada kotak L16, ketik =SUM(E16:K16)
m.    Pada kotak L17, ketik =SUM(E17:K17)
n.      Pada kotak L18, ketik =SUM(E18:K18)
o.      Pada kotak L19, ketik =SUM(E19:K19)


-          Mencari Jumlah Harga
a.       Pada kotak M5, ketik =D5*L5
b.      Pada kotak M6, ketik =D6*L6
c.       Pada kotak M7, ketik =D7*L7
d.      Pada kotak M8, ketik =D8*L8
e.       Pada kotak M9, ketik =D9*L9
f.       Pada kotak M10, ketik =D10*L10
g.      Pada kotak M11, ketik =D11*L11
h.      Pada kotak M12, ketik =D12*L12
i.        Pada kotak M13, ketik =D13*L13
j.        Pada kotak M14, ketik =D14*L14
k.      Pada kotak M15, ketik =D15*L15
l.        Pada kotak M16 ketik =D16*L16
m.    Pada kotak M17, ketik =D17*L17
n.      Pada kotak M18, ketik =D18*L18
o.      Pada kotak M19, ketik =D19*L19
-          Mencari Jumlah Koran terjual
Pada kotak L21, ketik =SUMIF(C5:C19,"K",L5:L19)
-          Mencari Jumlah Tabloid terjual
Pada kotak L22, ketik =SUMIF(C5:C19,"T",L5:L19)
-          Mencari Jumlah Majalah terjual
Pada kotak L23, ketik =SUMIF(C5:C19,"M",L5:L19)
-          Mencari Total dari ketiga media tersebut
Pada kotak L24, ketik =SUM(L21:L23)
-          Mencari Jumlah Harga Koran keseluruhan
Pada kotak M21, ketik =SUMIF(C5:C19,"K",M5:M19)
-          Mencari Jumlah Harga Tabloid keseluruhan
Pada kotak M22, ketik =SUMIF(C5:C19,"T",M5:M19)
-          Mencari Jumlah Harga Majalah keseluruhan
Pada kotak M23, ketik =SUMIF(C5:C19,"M",M5:M19)

-          Mencari Total harga dari ketiga madia tersebut
Pada kotak M24, ketik =SUM(M21:M23)
Sehingga akan didapat data seperti ini:
 2. Daftar Penjualan Tiket
            Tujuan:
Ø  Mahasiswa dapat mendaftarkan nma orang dengan menggunakan kode
Ø  Mahasiswa dapat memahami fungsi IF
Ø  Mahasiswa dapat menghitung HARGA PEMBELIAN, DISKON, dan HARGA BAYAR
Ø  Mahasiswa dapat memahami fungsi fari VLOOKUP
Langkah-langkah kegiatan:
1)      Bukalah program Microsof Excel.
2)      Tulis pada tiap kotak sel aktif sebagai berikut:
a.       Terlebih dahulu dibuat JUDUL TABEL
b.      Pada judul kolom A, ditulis data untuk KODE PEMBELI
c.       Pada judul kolom B, ditulis NAMA PEMBELI
d.      Pada judul kolom C, dituis data untuk KODE BARANG
e.       Pada judul kolom D, ditulis NAMA BIS
f.       Pada judul kolom E, ditulis data untuk JUMLAH BARANG
g.      Pada judul kolom F, ditulis HARHGA PEMBELIAN
h.      Pada judul kolom G, ditulis DISKON
i.        Pada judul kolom H, ditulis HARGA BAYAR
j.        Pada judul kolom A14 s/d B14, ditulis NAMA PEMBELI
k.      Pada kolom A15 s/d A19, ditulis data KODE PEMBELI
l.        Pada kolom B15 s/d B19, ditulis data NAMA PEMBELI
Maka akan diperoleh data seperti ini:
3)      Buatlah rumus sebagai berikut:
Ø  Mencari Nama Pembeli dengan rumus sebagai berikut:
a.       Pada kotak B5, ketik =VLOOKUP(A5,$A$15:$B$19,2)
b.      Pada kotak B6, ketik =VLOOKUP(A6,$A$15:$B$19,2)
c.       Pada kotak B7, ketik =VLOOKUP(A7,$A$15:$B$19,2)
d.      Pada kotak B8, ketik =VLOOKUP(A8,$A$15:$B$19,2)
e.       Pada kotak B9, ketik =VLOOKUP(A9,$A$15:$B$19,2)
f.       Pada kotak B10, ketik =VLOOKUP(A10,$A$15:$B$19,2)
g.      Pada kotak B11, ketik =VLOOKUP(A11,$A$15:$B$19,2)
h.      Pada kotak B12, ketik =VLOOKUP(A12,$A$15:$B$19,2)
Ø  Mencari Nama Bis dengan rumus sebagai berikut:
a.       Pada kotak D5, ketik =IF(MID(C5,4,2)="11","SANTOSO",IF(MID(C5,4,2)="22","SUMBER ALAM",IF(MID(C5,4,2)="33","DAMRI")))
b.      Pada kotak D6, ketik =IF(MID(C6,4,2)="11","SANTOSO",IF(MID(C6,4,2)="22","SUMBER ALAM",IF(MID(C6,4,2)="33","DAMRI")))
c.       Pada kotak D7, ketik
 =IF(MID(C7,4,2)="11","SANTOSO",IF(MID(C7,4,2)="22","SUMBER ALAM",IF(MID(C7,4,2)="33","DAMRI")))
d.      Pada kotak D8, ketik =IF(MID(C8,4,2)="11","SANTOSO",IF(MID(C8,4,2)="22","SUMBER ALAM",IF(MID(C8,4,2)="33","DAMRI")))
e.       Pada kotak D9, ketik =IF(MID(C9,4,2)="11","SANTOSO",IF(MID(C9,4,2)="22","SUMBER ALAM",IF(MID(C9,4,2)="33","DAMRI")))
f.       Pada kotak D10, ketik =IF(MID(C10,4,2)="11","SANTOSO",IF(MID(C10,4,2)="22","SUMBER ALAM",IF(MID(C10,4,2)="33","DAMRI")))
g.      Pada kotak D11, ketik =IF(MID(C11,4,2)="11","SANTOSO",IF(MID(C11,4,2)="22","SUMBER ALAM",IF(MID(C11,4,2)="33","DAMRI")))
h.      Pada kotak D12, ketik =IF(MID(C12,4,2)="11","SANTOSO",IF(MID(C12,4,2)="22","SUMBER ALAM",IF(MID(C12,4,2)="33","DAMRI")))
Ø  Menghitung harga pembelian menggunakan rumus sebagai berikut:
a.       Pada kotak F5, ketik =IF(MID(C5,4,2)="11",E5*250000,IF(MID(C5,4,2)="22",E5*300000,IF(MID(C5,4,2)="33",E5*220000)))
b.      Pada kotak F6, ketik =IF(MID(C6,4,2)="11",E6*250000,IF(MID(C6,4,2)="22",E5*300000,IF(MID(C6,4,2)="33",E6*220000)))
c.       Pada kotak F7, ketik =IF(MID(C7,4,2)="11",E7*250000,IF(MID(C7,4,2)="22",E7*300000,IF(MID(C7,4,2)="33",E7*220000)))
d.      Pada kotak F8, ketik =IF(MID(C8,4,2)="11",E8*250000,IF(MID(C8,4,2)="22",E8*300000,IF(MID(C8,4,2)="33",E8*220000)))
e.       Pada kotak F9, ketik =IF(MID(C9,4,2)="11",E9*250000,IF(MID(C9,4,2)="22",E9*300000,IF(MID(C9,4,2)="33",E9*220000)))
f.       Pada kotak F10, ketik =IF(MID(C10,4,2)="11",E10*250000,IF(MID(C10,4,2)="22",E10*300000,IF(MID(C10,4,2)="33",E10*220000)))
g.      Pada kotak F11, ketik =IF(MID(C11,4,2)="11",E11*250000,IF(MID(C11,4,2)="22",E11*300000,IF(MID(C11,4,2)="33",E11*220000)))
h.      Pada kotak F12, ketik =IF(MID(C12,4,2)="11",E12*250000,IF(MID(C12,4,2)="22",E12*300000,IF(MID(C12,4,2)="33",E12*220000)))























WINPLOT

Program winplot adalah salah satu perangkat lunak computer yang dapat digunakan untuk membantu pembelajaran matematika yang terkait dengan grafik fungsi baik dimensi dua maupun dimensi tiga secara interaktif. Fasilitas yang menarik dari program ini adalah fasilitas animasinya yang begitu mudah. Misalnya, variasi atau perubahan koefisien, konstanta suatu fungsi akan nampak dengan jelas bagaimana perubahan dalam grafiknya.
Membuka Program Winplot
            Dengan mengklik dua kali pada file, maka jendela Winplot akan muncul seperti gambar berikut ini:
winplot awal.bmp
            Jendela utama Winplot memuat dua menu utama yaitu Window dan Help. Menu Window memuat beberapa sub menu:
Submenu
Keterangan
2-dim
Membuka program winplot untuk grafik dimensi dua.
3-dim
Membuka program winplot untuk grafik dimensi tiga.
Guess
Membuka program winplot untuk menebak fungsi dari grafik dua dimensi yang diberikan secara acak.
Mapping
Membuka program winplot untuk masalah pemetaan.
Open last
Membuka file yang terakhir dibuka saat program dijalankan kembali.
Use default
Mengembalikan tampilan settingan awal.
Exit
Keluar dari program winplot.
            Menu Help terdiri dari sub menu help dan about. Sub menu help berisi tentang keterangan penggunaan program secara umum, sedangkan sub menu about berisi tentang informasi identitas dan sumber program winplot.

1.      WINPLOT 2-dim
Untuk menjalankan sub menu 2-dim dapat dilakukan dengan mengklik: Window > 2-dim (tanda ”>” berarti ”dilanjutkan”), maka akan muncul tampilan jendela 2-dim seperti berikut:
2-dim.bmp
Menggambar Grafik suatu Persamaan
Untuk membuat grafik persamaan baru dengan mengklik menu Equa. Ada 4 jenis pembangkit kurva yang ditawarkan, yaitu:
1)      Explicit           Grafik y sebagai fungsi eksplisit dari x.
2)      Parametric     Grafik kurva parameter dalam bentuk x = f ( t ), y = g(t ) dimana f  dan
g merupakan fungsi eksplisit dari parameter t. Dengan menyusun g ( t )  t maka didapat grafik x sebagai fungsi eksplisit dari y, yaitu x = f ( y ).
3)      Implicit           Grafik relasi implisit antara x dan y yang dirumuskan f (x,y) = konstan.
4)      Polar               Grafik kurva polar dimana r dalam koordinat polar merupakan fungsi
eksplisit, f ( t ), dari sudut polar theta (yaitu t).
equa.bmp
Klik menu Equa, kemudian pilih perintah Explicit maka akan muncul kotak dialog seperti berikut:
explicit.bmp
Untuk memasukkan rumus dalam Winplot beberapa konversi berikut ini:
Perkalian dilambangkan dengan *
Pembagian dilambangkan dengan /
Penambahan dilambangkan dengan +
Pengurangan dilambangkan dengan –
Eksponensial dilambangkan dengan ^
Nama-nama fungsi utama yang dibentuk dalam winplot adalah sebagai berikut:
abs(x) adalah nilai mutlak dari x
sgn(x) adalah signum atau sign function = abs(x)/x
sqr(x) adalah akar dua dari x (untuk x tidak negative)
root(n,x) adalah akar pangkat n dari x
fact(n) adalah n factorial (n!)
exp(x) adalah fungsi eksponensial yang dihitung berdasarkan x
ln(x) adalah fungsi logaritma dengan bilangan pokok e untuk x positif.
Log(x) adalah fungsi logaritma dengan bilangan pokok 10 untuk x poitif.
Sin(x) adalah fungsi sinus dari x (semua argumen fungsi trigonometri dianggap dalam radian)
arcsin(x) adalah arc atau invers sinus.
Cos(x) adalah kosinus dari x
Arccos(x) adalah arc atau invers kosinus
tan(x) adalah tangen dari x
arctan(x) adalah arc atau invers tangen
sinh(x) adalah sinus hiperbolik dari x
cosh(x) adalah kosinus hiperbolik dari x
tanh(x) adalah tangen hiperbolik dari x
pi adalah konstanta untuk pi = 3.14159265...

Share this article :
 

+ komentar + 1 komentar

22 Mei 2020 pukul 00.23

mantap min, makasih
Lampu servis hp led

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ferry Bawenk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger