LAPORAN
PRAKTIKUM APLIKASI KOMPUTER
Laporan ini
disusun dalam rangka memenuhi tugas kelompok
Mata Kuliah
Aplikasi Komputer
Dosen: Dr. H.
Bambang Priyo D., M.Kom
Disusun oleh:
Kelas III.E
1. Eri
Wartono NIM:082143???
2. Ferry
Anggriawan NIM: 082143608
3. ?????????? NIM: 082143???
Program
Studi Pendidikan Matematika
Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas
Muhammadiyah Purworejo
2009/2010
PERNYATAAN
Dengan ini kami menyatakan bahwa
laporan praktikum Aplikasi Komputer I beserta isinya adalah benar-benar
karya kelompok kami dan
kami tidak melakukan penjiplakan atau pengutipan dengan cara-cara yang tidak
sesuai dengan etika keilmuan yang berlaku dalam masyarakat ilmiah.
Atas pernyataan ini, kami siap
menanggung risiko/sanksi yang dijatuhkan kepada kami apabila kemudian ditemukan
adanya pelanggaran terhadap etika keilmuan dalam laporan ini, atau ada klaim
dari pihak lain terhadap keaslian laporan kami ini.
Purworejo, Desember 2009
Yang membuat
pernyataan,
Eri Wartotno ( )
082143???
Ferry Anggriawan ( )
082143608
???????? ( )
082143???
Mengetahui
Dosen Pengampu
Dr. Bambang Priyo Darminto,
M.Kom
NIP. 131282183
DAFTAR ISI
Halaman
Judul....................................................................................................
Halaman
Pengesahan..........................................................................................
Daftar
Isi.............................................................................................................
Aplikasi
Program.................................................................................................
Laporan
Kegiatan Praktikum..............................................................................
Praktikum
Microsoft Word.................................................................................
Praktikum
Microsoft Excel.................................................................................
Praktikum
Winplot..............................................................................................
PROGRAM APLIKASI
Dalam
mata kuliah Aplikasi Komputer I ada 3 macam program aplikasi yang sudah kita
pelajari, yaitu:
1.
Microsoft Word
2.
Microsoft Excel
3.
Winplot
Berikut ini akan disajikan bagaimana
cara memulai dan seperti apa program aplikasi yang telah kita pelajari.
1.
Microsoft
Word
·
Hidupkan komputer dengan
menekan tombol start/on pada CPU, apabila dengan laptop tekan tombol power /
start pada laptop anda.
·
Setelah windows terbuka,
pilihlah ikon Microsoft Word yang
ada di menu dekstop.
·
Apabila ikon tersebut belum
ada, Microsoft Word juga dapat dibuka melalui menu START dengan dua cara,
yaitu:
i.
Dengan mengarahkan mouse ke
toolbar menu START, kemudian klik kiri mouse satu kali (start-all
program-microsoft office-microsoft word 2007), atau
ii.
Dengan menekan keypad start (
lambang windows) di keyboard.
·
Klik Microsoft Word 2007,
beberapa saat kemudian akan muncul tampilan layar utama document word seperti
terlihat pada gambar berikut ini:
2.
Microsoft
Excel
·
Hidupkan komputer dengan
menekan tombol start/on pada CPU, apabila dengan laptop tekan tombol power /
start pada laptop anda.
·
Setelah windows terbuka,
pilihlah ikon Microsoft Excel yang
ada di menu dekstop.
·
Apabila ikon tersebut belum
ada, Microsoft Word juga dapat dibuka melalui menu START dengan dua cara,
yaitu:
i.
Dengan
mengarahkan mouse ke toolbar menu START, kemudian klik kiri mouse satu kali
(start-all program-microsoft office-microsoft word 2007), atau
ii.
Dengan menekan keypad start (
lambang windows) di keyboard.
·
Klik Microsoft Excel 2007,
beberapa saat kemudian akan muncul tampilan layar utama document word seperti
terlihat pada gambar berikut ini:
3.
Winplot
·
Hidupkan komputer dengan
menekan tombol start/on pada CPU, apabila dengan laptop tekan tombol power /
start pada laptop anda.
·
Setelah windows terbuka,
pilihlah ikon Winplot yang ada di
menu dekstop.
·
Apabila ikon tersebut belum
ada, Winplot juga dapat dibuka melalui menu START dengan dua cara, yaitu:
i.
Dengan
mengarahkan mouse ke toolbar menu START, kemudian klik kiri mouse satu kali (start-winplot), atau
ii.
Dengan menekan keypad start (
lambang windows) di keyboard.
·
Klik Winplot, beberapa saat kemudian akan muncul tampilan layar utama document
word seperti terlihat pada gambar berikut ini:
LAPORAN KEGIATAN PRAKTIKUM APLIKASI
KOMPUTER I
Mata
kuliah Aplikasi Komputer I adalah salah satu mata kuliah yang harus ditempuh
mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika di semester 3. Untuk jadwal kelas III E
yaitu pada hari Rabu jam kuliah pertama, pukul 07.00-09.30 WIB. Jumlah SKS yang
harus ditempuh untuk mata kuliah Aplikasi Komputer I adalah 3SKS (3x50 menit).
Kegiatan Praktik Aplikasi Komputer I terbagi
dalam 3 rangkaian/ jenis praktikum, yaitu :
A. Praktikum Microsoft Word
B. Praktikum
Microsoft Excel
C. Praktikum
Winplot
Praktikum
tersebut dilaksanakan dengan tertib selama 1 semester (semester III) di
Laboratorium Komputer Universitas Muhammadiyah Purworejo pada jam mata kuliah
Aplikasi Komputer I.
Manfaat
mempelajari Aplikasi Komputer adalah utuk menunjang proses belajar kita sebagai
bekal untuk menjadi guru kelak. Karena semakin bertambahnya tahun, semakin
canggih teknologi kita. Sebagai mahasiswa yang fokus di pendidikan matematika,
banyak rumus – rumus yang akan digunakan. Misalnya dalam program Microsoft
Word, Microsoft Excel, dan Winplot.
BAB I
MICROSOFT WORD
Microsoft Word
merupakan program dasar yang harus dikuasai oleh mahasiswa. Karena untuk
menunjang proses belajar seperti mengerjakan tugas kuliah, penulisan tugas
akhir, skripsi, tesis, maupun.
Kegiatan
praktikum Microsoft Word dimulai dari pengenalan sekilas tentang pengertian,
manfaat dan tujuan pembelajaran program Microsoft Word. Dosen telah memberikan
beberapa ilustrasi singkat mengenai program Microsoft Word kepada mahasiswa.
Contoh ilustrasi tersebut adalah penjelasan singkat tengtang pengertian dan
kegunaan Microsoft Word bagi kalangan mahasiswa (calon guru matematika) yang
nantinya akan dihadapkan pada persoalan pengolahan data seperti penulisan rumus
– rumus matematika.
Hal
ini penting, karena pada masa yang akan datang, kita (khususnya yang berprofesi
sebagai guru matematika) harus dapat mengatasi persoalan kompleks tentang penulisan
rumus matematika sesuai dengan kaidah yang telah ditentukan. Terkait dengan hal
tersebut, Microsoft Word merupakan salah satu dari sekian banyak program
pengolahan data yang harus dipelajari dan dikuasai.
Kegiatan
tersebut kemudian berlanjut pada praktikum pengenalan Microsoft Word yang kami
rinci sebagai berikut :
PERTEMUAN I : Mengerjakan
Praktikum 1 (penulisan rumus – rumus, yaitu: pesamaan linear dengan 2 variabel,
determinan, rumus x12 atau rumus abc, rumus , integral, matriks,
dan zigma).
PERTEMUAN II : Mengerjakan
Praktikum 2 (penulisan rumus – rumus, yaitu integral, limit, teorema hospital,
dan turunan beserta langkah pengerjaannya).
PERTEMUAN III : Mengerjakan
Praktikum 3 (mengerjakan contoh soal, materi limit, turunan, dan menghitung
luas daerah).
Tujuan:
Mahasiswa dapat menuliskan rumus matematika dengan menggunakan microsoft
word (equation) seperti, pesamaan linear dengan 2 variabel, determinan, rumus x12
atau rumus abc, rumus , integral, matriks,
dan zigma.
Langkah – langkah pengerjaan:
1.
Membuka document kerja pada Microsoft Word 2007, sesuai dengan
langkah-langkah yang tertulis dalam “Memulai Microsoft Word”.
2. Pada word penulisan
rumus tidak sembarang, ada langkah berikutnya. Pada toolbar standar klik
Insert-Equation. Terdapat 11 structur equation, yaitu :
a) Fraction
b) Script
c) Radical
d) Integral
e) Large Operator
f) Bracket
g) Function
h) Accent
i)
Limit and Log
j)
Operator
k) Matrix
3. Berikut cara
penulisan rumus matematika dengan menggunakan equation.
a) Persamaan Linear 2
variabel
Klik
Insert-Equation-Script, kemudian ketik soal seperti biasa.
b) Determinan
Klik
Insert-Equation-Script, kemudian ketik soal seperti biasa.
c) Rumus x12 atau rumus
abc
Klik
Insert-Equation-Script-Radical.
d) Rumus
·
Klik Insert-Equation-Fraction-Limit and Log.
·
Klik Insert-Quetion-Fraction-Script-Bracket
e) Integral
Klik
Insert-Quetion-Integral-Bracket.
f) Matriks
Klik
Insert-Quetion-Matrix-Fraction-Script.
g) Zigma
Klik
Insert-Quetion-Large Operator.
PRAKTIKUM
I.
Cara pengetikan Rumus-Rumus Matematika
Pengetikan rumus-rumus matematika yang digunakan disini adalah menggunakan program
aplikasi Microsft Word. Cara mengaktifkan program aplikasi Microsoft
word ada dua cara yaitu:
Cara 1. Lakukan double
klik pada program aplikasi Microsoft Word yang terdapat di desktop.
Cara
2. Klik Start pada task bar,
kemudian klik all Programs cari
program aplikasi Microsoft Office lalu klik program aplikasi tersebut akan
muncul beberapa program aplikasi. Dari beberapa program aplikasi di Microsoft
Office terdapat program aplikasi Microsoft Word, lalu klik program aplikasi
Mirosoft Word.
Setelah program
aplikasi Microsoft Word aktif, maka kita akan siap untuk melakukan Pengetikan
Rumus-Rumus Matematika.
Cara pengetikan rumus
matematika itu tidak begitu rumuit atau dapat dikatakan mudah dan tidak
meghabiskan waktu yang lama apabila kita sudah mengetahui caranya.
Cara-cara pengetikan rumus-rumus matematika
adalah seperti berikut:
-
Klik Insert kemudian klik Equation atau tekan pada keyboard.
-
Lalu akan
muncul
-
Kemudian ketik
rumus-rumus matematika didalam yang anda inginkan. Seperti bentuk
pembagian, persamaan kuadrat, limit, rumus trigonemetri dan lain-lain.
Adapun contoh-contoh pengetikan rumus matematika dipraktikum 1 adalah seperti dibawah ini:
PRAKTIKUM I : Mengetik Rumus-rumus Matematika
|
PRAKTIKUM
II
Pengetikan Jawaban Soal-Soal Matematika
Pengetikan jawaban
soal-soal matematika yang
digunakan disini adalah menggunakan
program aplikasi Microsft Word.
Cara mengaktifkan program aplikasi Microsoft word ada dua cara yaitu:
Cara 1. Lakukan double
klik pada program aplikasi Microsoft Word yang terdapat di desktop.
Cara 2. Klik Start pada task bar, kemudian klik all Programs cari program aplikasi
Microsoft Office lalu klik program aplikasi tersebut akan muncul beberapa
program aplikasi. Dari beberapa program aplikasi di Microsoft Office terdapat
program aplikasi Microsoft Word, lalu klik program aplikasi Mirosoft Word.
Setelah program
aplikasi Microsoft Word aktif, maka kita akan siap untuk melakukan Pengetikan
Jawaban Soal-Soal Matematika.
Cara pengetikan jawaban
soal-soal matematika itu tidak begitu rumuit atau dapat dikatakan mudah dan
tidak meghabiskan waktu yang lama apabila kita sudah mengetahui caranya. Dan
sama caranya dengan praktikum 1.
Cara-cara pengetikan jawaban matematika adalah seperti berikut:
-
Klik Insert kemudian klik Equation atau tekan pada keyboard.
-
Lalu akan muncul
-
Kemudian ketik
jawaban dari soal-soal matematika didalam yang diinginkan.
adapun contoh-contoh pengetikan jawaban soal-soal matematika di praktikum 2 adalah seperti dibawah ini:
adapun contoh-contoh pengetikan jawaban soal-soal matematika di praktikum 2 adalah seperti dibawah ini:
PRAKTIKUM II
1.
2.
Theorema L’Hospital
Jika atau
Maka
3.
Cara
lain:
4.
Sebuah benda bergerak pada kurva , dengan . Hitung kecepatan benda pada t=4!
Jawab :
Dalil rantai :
|
PRAKTIKUM
III
Pengetikan Soal-soal matematika disertai Rumus
yang digunakan dan jawaban dari soal-soal.
Pengetikan soal-soal
matematika disertai rumus yang digunakan dan jawaban dari soal tersebut sama
dengan praktikum 1 dan praktikum2 adalah menggunakan program
aplikasi Microsft Word. Cara mengaktifkan program aplikasi Microsoft
word ada dua cara yaitu:
Cara 1. Lakukan double
klik pada program aplikasi Microsoft Word yang terdapat di desktop.
Cara 2. Klik Start pada task bar, kemudian klik all Programs cari program aplikasi
Microsoft Office lalu klik program aplikasi tersebut akan muncul beberapa
program aplikasi. Dari beberapa program aplikasi di Microsoft Office terdapat
program aplikasi Microsoft Word, lalu klik program aplikasi Mirosoft Word.
Setelah program
aplikasi Microsoft Word aktif, maka kita akan siap untuk melakukan Pengetikan
soal-soal matematika disertai rumus yang digunakan dan jawaban dari soal-soal.
Cara pengetikan
soal-soal disertai rumus yang digunakan dan jawaban soal-soal pada praktikum 3
terlebih dahulu dibuat table yang memiliki empak kolom dan tiga baris.
Cara pembuatan table
adalah sepeti berikut:
-
Klik Insert kemudian klik Table
-
Kemudian ambil
tiga baris dan empat kolom
-
Setelah table
sudah muncul atur garis kolom dan ditulis NOMER
di baris ke satu kolom ke satu, SOAL
pada baris ke satu kolom ke dua, RUMUS
pada baris ke satu kolom ke tiga dan JAWABAN
pada baris ke satu kolom ke empat.
setelah table sudah ada
nomer, soal, rumus, dan jawban
kemudian langkah selanjutnya adalah pengetikan soal-soal matematika disertai
rumus dan jawaban soal-soal itu tidak begitu rumuit atau dapat dikatakan mudah
dan tidak meghabiskan waktu yang lama apabila kita sudah mengetahui caranya.
Cara-cara pengetikan soal-soal matematika
disertai rumus dan jawaban soal-soal adalah seperti berikut:
-
Klik Insert kemudian klik Equation atau tekan pada keyboard.
-
Lalu akan
muncul
-
Kemudian ketik
soal-soal matematika disertai rumus dan jawaban soal-soal didalam yang telah ditentukan. Seperti bentuk
pembagian, persamaan kuadrat, limit, rumus trigonemetri dan lain-lain.
Contoh pengetikan
soal-soal disertai rumus yang digunakan dan jawaban soal-soal didalam table
pada praktikum 3 adalah seperi dibawah ini:
PRAKTIKUM III
No
|
Soal
|
Rumus
|
Jawaban
|
1.
|
Kerjakan dengan 2 cara
|
2. Persamaan yang
dapat difaktorkan dicari terlebih dahulu pemfaktorannya
|
= 27
2.
|
2.
|
MICROSOFT EXCEL
Microsoft Excel adalah Software / perangkat
lunak berbasis windows yang digunakan untuk melakukan pengolahan data –data
berupa angka baik berupa perhitungan, proyeksi, analisis, maupun presentasi
data.
Dalam aplikasinya, produk unggulan Microsoft
corporation ini berbentuk table yang
dapat dipresentasikan melalui grafik.
A. MEMULAI MICROSOF EXCEL
Untuk memulai Microsof Excel, ikuti langkah
langkah berikut:
·
Klik menu Start di pojok kiri bawah layar
komputer, pilih Program Microsoft Office-Microsoft Office Excel 2003. Tunggu beberapa saat akan tampak tampilan Workbook (buku kerja
yang merupakan dokumen excel dan berbentuk file dengan extension XLS) seperti
terlihat pada gambar berikut ini:
Workbook di atas terdiri dari :
Title bar adalah baris judul yang berisi Aplikasi dan
File (document) yang sedang aktif.
Menu Bar adalah
baris menu yang aktif, ex : File, Edit, View, Format, dll.
Toolbar Standar adalah baris yang berisi icon-icon yang aktif dan berfungsi untuk menjalankan perintah-perintah
secara cepat (short cut), ex : Toolbar New, Open, Save, Print, dll.
Formula Bar
adalah baris rumus yang disediakan untuk melakukan pengetikan rumus dan
perhitungannya.
Sel adalah
perpotongan atau pertemuan antara kolom dan baris atau sebalikny, ex : A2, B3,
G5, dll.
Coloumn/kolom adalah
bagian lembar kerja yang berbentuk horizontal dan dinyatakan dengan abjad.
Dimulai dengan kolom A s.d kolom IV.
Row/baris adalah
bagian dari lembar kerja yang berbentuk vertical dan dinyatakan dengan
huruf. Dimulai dengan baris 1 s.d baris
65536.
Dll.
B. KEGIATAN PRAKTIKUM IV
1. Menghitung Nilai Max, Min, Median,
Mode, dan Stdev Pada Suatu Data PRESET Dan POSTES
Tujuan :
a)
Mahasiswa dapat menggunakan fungsi fungsi
max, min, median, mode, dan stdev
b) Mahasiswa dapat membuat
grafik dari sejumlah data.
Langkah-langkah
kegiatan :
1) Bukalah program Microsof Excel.
2) Tulis pada tiap
kotak sel aktif sebagai berikut:
a) Pada judul kolom C,
tulis angka (data) untuk PRETEST.
b)
Pada judul kolom D, tulis angka(data) untuk POSTES.
c)
Pada judul kolom A, ditulis angka(nomer) dari 1 s/d 11
d)
Pada judul kolom B, tulis Maximum,
Minimum, Mean, Median, Mode, Std. deviasi
Sehingga akan didapat data seperti berikut ini :
3) Kemudian buatlah
rumus sebagai berikut :
a) Pada kotakC13, ketik
=max(C2:C12) lalu tekan enter pada keyboard.
b) Pada kotak C13,
ketik =max(D2:D12) lalu tekan enter pada keyboard.
c) Pada kotak C14,
ketik =min(C2:C12) lalu tekan enter pada keyboard.
d) Pada kotak C14,
ketik =min(D2:D12) lalu tekan enter pada keyboard.
e) Pada kotak C15,
ketik =mean(C2:C12) lalu tekan enter pada keyboard.
f) Pada kotak C15,
ketik =mean(D2:D12) lalu tekan enter pada keyboard.
g) Pada kotak B16,
ketik =median(C2:C12) lalu tekan enter pada keyboard.
h) Pada kotak C16,
ketik =median(D2:D12) lalu tekan enter pada keyboard.
i)
Pada kotak B17, ketik =mode(C2:C12) lalu
tekan enter pada keyboard.
j)
Pada kotak C17, ketik =mode(D2:D12) lalu
tekan enter pada keyboard.
k) Pada kotak B18,
ketik =stdev(C2:C12) lalu tekan enter pada keyboard.
l)
Pada kotak C18, ketik =stdev(D2:D12) lalu
tekan enter pada keyboard.
Sehingga akan
didapat data seperti di bawah ini:
4) Kemudian buatlah grafik dari kedua data
tersebut dalam bentuk diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran. Caranya:
a)
Untuk membuat diagram garis, klik insert pada menu bar, klik lines
kemudian pilih gambar yang akan digunakan, klik finish.
b)
Untuk membuat diagram batang, klik insert pada menu bar, klik column
kemudian pilih gambar yang akan digunakan, klik finish.
c) Untuk membuat
diagram lingkaran, klik insert pada menu bar, klik pie kemudian pilih gambar yang akan digunakan, klik finish.
Sehingga akan didapat gambar seperti berikut ini:
5) Letakkan grafik dari
kedua data tersebut kedalam sheet2
dengan cara:
a) Klik design pada menu bar, kemudian klik move
chart
b) Pilih new sheet, kemudian tentukan crat yang diinginkan, klik ok
Sehingga akan didapat gambar seperti berikut ini:
2. DATA JUMLAH
MAHASISWA FKIP UMP
Tujuan:
-
Mahasiswa dapat membuat grafik dari
sejumlah data.
Langkah-langkah
kegiatan :
1)
Bukalah program Microsof Excel.
2) Tulis pada tiap
kotak sel aktif sebagai berikut:
a. Terlebih dahulu
menulis judul yaitu"DATA JUMLAH MAHASISWA FKIP UMP"
b. Pada judul kolom A1,
ditulis NAMA PROGDI
c. Pada kolom B,
ditulis angka(data) untuk tahun 2005/2006
d. Pada kolom C, ditulis
angka(data) untuk tahun 2006/2007
e. Pada kolom D,
ditulis angka(data) untuk tahun 2007/2008
f. Pada kolom E, ditulis
angka(data) untuk tahun 2008/2009
g. Pada kolom F,
ditulis angka(data) untuk tahun 2009/2010
Sehingga akan
didapat data seperti di bawah ini:
3)
Kemudian buatlah grafik dari kedua data tersebut dalam bentuk diagram
batang. Caranya:
-
Untuk membuat diagram batang, klik insert pada menu bar, klik column
kemudian pilih gambar yang akan digunakan, klik finish.
Sehingga akan didapat gambar seperti berikut ini:
4)
Letakkan grafik dari kedua data tersebut
kedalam sheet4dengan cara:
a. Klik design pada menu bar, kemudian klik move
chart
b. Pilih new sheet, kemudian tentukan crat yang diinginkan, klik ok
Sehingga akan didapat gambar seperti berikut ini:
3) KARTU HASIL STUDI
Tujuan:
a) Mahasiswa memahami penggunaan funsi logika IF.
Fungsi IF adalah salah satu fungsi logika yang dapat dipakai untuk memasukkan data dengan suatu syarat yaitu data yang
akan diuji atau dievaluasi akan menentukan data dalam lembar kerja.
Bila hasil evaluasi TRUE atau memenuhi syarat, maka
Value_IF_TRUE yang akan dihasilkan. Sebaliknya, bila hasil evaluasi FALSE, maka
Value_IF_FALSE yang akan dihasilkan.
b) Mahasiswa dapat menghitung jumlah sks dan mutu x sks
c)
Mahasiawa dapat memperkirakan nilai indeks
prestasi masing-masing
d) Mahasiswa dapat menghitung nilai indeks prestasi masing-masing
Langkah-langkah
kegiatan :
1)
Bukalah program Microsof Excel.
2)
Tulis pada tiap kotak sel aktif sebagai
berikut:
a. Terlebih dahulu
tulis judul yaitu"KARTU HASIL STUDI”
b. Pada judul kolom A,
tulis angka(Nomer) dari 1 s/d 9
c. Pada judul kolom B,
tulis jenis MATA KULIAH
d. Pada judul kolom C,
tulis huruf(data)A,B,C,D, dan E untuk NILAI
e. Pada judul kolom D, tulis MUTU
f. Pada judul kolom E,
tulis angka(data)untuk SKS
g. Pada judul kolom F,
tulis MUTU X SKS
h. Pada kolom C14 ,
tulis JUMLAH
i.
Pada kolom E, tulis IP
Sehingga akan didapat data seperti di
bawah ini:
3)
Kemudian buatlah rumus sebagai berikut:
i. Rumus MUTU
a.
Pada kotak D5, ketik =IF(D5="E",0,IF(D5="D",1,IF(D5="C",2,IF(D5="B",3,IF(D5="A",4,"SALAH"))))
b.
Pada kotak D6, ketik =IF(D6="E",0,IF(D6="D",1,IF(D6="C",2,IF(D6="B",3,IF(D6="A",4,"SALAH"))))
c.
Pada kotak D7, ketik =IF(D7="E",0,IF(D7="D",1,IF(D7="C",2,IF(D7="B",3,IF(D7="A",4,"SALAH"))))
d.
Pada kotak D8, ketik =IF(D8="E",0,IF(D8="D",1,IF(D8="C",2,IF(D8="B",3,IF(D8="A",4,"SALAH"))))
e.
Pada kotak D9, ketik =IF(D9="E",0,IF(D9="D",1,IF(D9="C",2,IF(D9="B",3,IF(D9="A",4,"SALAH"))))
f.
Pada kotak D10, ketik =IF(D10="E",0,IF(D10="D",1,IF(D10="C",2,IF(D10="B",3,IF(D10="A",4,"SALAH"))))
g.
Pada kotak D11, ketik =IF(D11="E",0,IF(D11="D",1,IF(D11="C",2,IF(D11="B",3,IF(D11="A",4,"SALAH"))))
h.
Pada kotak D12, ketik =IF(D12="E",0,IF(D12="D",1,IF(D12="C",2,IF(D12="B",3,IF(D12="A",4,"SALAH"))))
i.
Pada kotak D13, ketik =IF(D13="E",0,IF(D13="D",1,IF(D13="C",2,IF(D13="B",3,IF(D13="A",4,"SALAH"))))
ii. Rumus MUTU X SKS
a.
Pada kotak F5, ketik =D5*E5
b.
Pada kotak F6, ketik =D6*E6
c.
Pada kotak F7, ketik =D7*E7
d.
Pada kotak F8, ketik =D8*E8
e.
Pada kotak F9, ketik =D9*E9
f.
Pada kotak F10, ketik =D10*E10
g.
Pada kotak F11, ketik =D11*E11
h.
Pada kotak F12, ketik =D12*E12
i.
Pada kotak F13, ketik =D13*E13
iii. Rumus Jumlah SKS
-
Pada kotak E14, ketik =SUM(E5:E13)
iv. Rumus Jumlah MUTU X SKS
-
Pada kotak F14, ketik =SUM(F5:F13)
v. Rumus mencari
Indeks Prestasi(IP)
- Pada kotak E15, ketik =F14/E14
Sehingga akan didapat data seperti berikut ini :
C. KEGIATAN PRAKTIKUM V
1. Grafik Fungsi Linear
Tujuan:
a. Mahasiswa dapat
mengetahui nilai persamaan dari” y1=2x+4 dan y2=-3x+5”
dengan memasukkan nilai “x”
b.
Mahasiswa dapat membuat grafik fungsi linear dari
suatu data
Langkah-langkah kegiatan:
1)
Bukalah program Microsof Excel.
2)
Tulis pada tiap kotak sel aktif sebagai
berikut:
a.
Pada
judul kolom A, tulis angka (data) dari -5 s/d 5 untuk nilai X
b.
Pada
judul kolom B, tulis persamaan y1=2x+4
c.
Pada
judul kolom C, tulis persamaan y2=3x+5
Sehingga akan
didapat data seperti di bawah ini:
3)
Kemudian buatlah rumus sebagai berikut:
-
Persamaan y1=2x+4
a.
Pada
kotak B2, ketik =2*A2+4
b.
Pada
kotak B3, ketik =2*A3+4
c.
Pada
kotak B4, ketik =2*A4+4
d.
Pada
kotak B5, ketik =2*A5+4
e.
Pada
kotak B6, ketik =2*A6+4
f.
Pada
kotak B7, ketik =2*A7+4
g.
Pada
kotak B8, ketik =2*A8+4
h.
Pada
kotak B9, ketik =2*A9+4
i.
Dst
sampai pada kotak B42, ketik =2*A42+4
-
Persamaan y2=3x+5
a. Pada kotak C2, ketik = =-3*A2+5
b. Pada kotak C3, ketik = =-3*A3+5
c. Pada kotak C4, ketik =-3*A4+5
d. Pada kotak C5, ketik =-3*A5+5
e. Pada kotak C6, ketik =-3*A6+5
f. Pada kotak C7, ketik =-3*A7+5
g. Pada kotak C8, ketik =-3*A8+5
h. Pada kotak C9, ketik =-3*A9+5
i.
Dst
sampai pada kotak C42, ketik =-3*A42+5
Sehingga akan
didapat data seperti di bawah ini:
4)
Kemudian buatlah grafik dari kedua data tersebut dalam bentuk diagram garis.
Caranya:
-
Untuk membuat diagram batang, klik insert pada menu bar, klik line kemudian pilih gambar yang akan digunakan,
klik finish.
Sehingga akan didapat gambar seperti berikut ini:
5)
Letakkan grafik dari kedua data tersebut
kedalam chart1dengan cara:
a. Klik design pada menu bar, kemudian klik move
chart
b. Pilih new sheet, kemudian tentukan crat yang diinginkan, klik ok
Sehingga akan didapat gambar seperti berikut ini:
2. Grafik Fungsi Kuadrat
Tujuan:
a. Mahasiswa dapat
mengetahui nilai persamaan kuadrat dari” y1= 2x2-3x+1 dan y2=
-3x2+2x+4”
dengan memasukkan nilai “x”
b.
Mahasiswa dapat membuat grafik fungsi linear dari
suatu data
Langkah-langkah kegiatan:
1)
Bukalah program Microsof Excel.
2)
Tulis pada tiap kotak sel aktif sebagai
berikut:
a.
Pada
judul kolom A, tulis angka (data) dari -5 s/d 5 untuk nilai X
b.
Pada
judul kolom B, tulis persamaan y1=2x2-3x+1
c.
Pada
judul kolom C, tulis persamaan y2=-3x2+2x+4
Sehingga akan
didapat data seperti di bawah ini:
3)
Kemudian buatlah rumus sebagai berikut:
-
Persamaan y1=2x2-3x+1
a. Pada kotak B2,
ketik =2*(A2)^2-3*A2+1
b. Pada kotak
B3, ketik =2*(A3)^2-3*A3+1
c. Pada kotak
B4, ketik =2*(A4)^2-3*A4+1
d. Pada kotak
B5, ketik =2*(A5)^2-3*A5+1
e. Pada kotak
B6, ketik =2*(A6)^2-3*A6+1
f. Pada kotak
B7, ketik =2*(A7)^2-3*A7+1
g. Pada kotak
B8, ketik =2*(A8)^2-3*A8+1
h. Pada kotak
B9, ketik =2*(A9)^2-3*A9+1
i.
Dst sampai pada kotak B42, ketik =2*(A42)^2-3*A42+1
-
Persamaan y2=-3x2+2x+4
a. Pada kotak
C2, ketik =-3*(A2)^2+2*A2+4
b. Pada kotak
C3, ketik =-3*(A3)^2+2*A3+4
c. Pada kotak
C4, ketik =-3*(A4)^2+2*A4+4
d. Pada kotak
C5, ketik =-3*(A5)^2+2*A5+4
e. Pada kotak
C6, ketik =-3*(A6)^2+2*A6+4
f. Pada kotak
C7, ketik =-3*(A7)^2+2*A7+4
g. Pada kotak
C8, ketik =-3*(A8)^2+2*A8+4
h. Pada kotak
C9, ketik =-3*(A9)^2+2*A9+4
i.
Dst sampai pada kotak C42, ketik =-3*(A42)^2+2*A42+4
Sehingga akan
didapat data seperti di bawah ini:
4)
Kemudian buatlah grafik dari kedua data tersebut dalam bentuk diagram
garis. Caranya:
Untuk membuat
diagram batang, klik insert pada menu bar, klik line kemudian pilih gambar
yang akan digunakan, klik finish.
Sehingga akan didapat gambar seperti berikut ini:
5)
Letakkan grafik dari kedua data tersebut
kedalam chart2dengan cara:
c. Klik design pada menu bar, kemudian klik move
chart
d. Pilih new sheet, kemudian tentukan crat yang diinginkan, klik ok
Sehingga akan
didapat gambar seperti ini:
3) Grafik Fungsi Logaritma
Tujuan:
a. Mahasiswa dapat
mengetahui nilai dari “y = log (x)” dengan memasukkan nilai “x”
b. Mahasiswa dapat
menggambar grafik fungsi logaritma dari suatu data
Langkah-langkah kegiatan:
1) Bukalah program Microsof Excel.
2) Tulis pada tiap kotak
sel aktif sebagai berikut:
a. Pada judul kolom A,
ditulis angka (data) untuk X
b. Pada judul kolom B,
ditulis y=log(x)
Sehingga akan didapat
data seperti ini:
3) Kemudian buatlah
rumus sebagai berikut:
a. Pada kotak B2, ketik
=LOG(A2)
b. Pada kotak B3, ketik
=LOG(A3)
c. Pada kotak B4, ketik
=LOG(A4)
d. Pada kotak B5, ketik
=LOG(A5)
e. Pada kotak B6, ketik
=LOG(A6)
f. Pada kotak B7, ketik
=LOG(A7)
g. Pada kotak B8, ketik
=LOG(A8)
h. Pada kotak B9, ketik
=LOG(A9)
i.
Pada kotak B10, ketik =LOG(10)
j.
Pada kotak B11,ketik =LOG(A11)
k. Pada kotak B12,
ketik =LOG(A12)
l.
Pada kotak B13, ketik =LOG(A13)
m. Pada kotak B14,
ketik =LOG(A14)
Sehingga akan
didapat data seperti ini:
4) Kemudian buatlah grafik dari data tersebut
dalam bentuk diagram garis. Caranya: Untuk membuat diagram batang, klik insert pada menu bar, klik line kemudian pilih gambar yang akan digunakan,
klik finish.
Sehingga akan didapat gambar seperti berikut ini:
5) Letakkan grafik dari
kedua data tersebut kedalam chart3dengan
cara:
a. Klik design pada menu bar, kemudian klik move
chart
b. Pilih new sheet, kemudian tentukan crat yang diinginkan, klik ok
Sehungga akan
diperoleh gambar seperi ini:
4. Grafik Fungsi Eksponensial
Tujuan:
a. Mahasiswa dapat
mengetahui nilai dari” y1=2x dan y2=(⅟2)x” dengan memasukkan nilai dari “x”
b. Mahasiswa dapat
menggambar grafik fungsi ekspinonsial
Langkah-langkah
kegiatan:
1) Bukalah program Microsof Excel.
2) Tulis pada tiap kotak
sel aktif sebagai berikut:
a. Pada judul kolom A,
ditulis angka (data) untuk X
b. Pada judul kolom B,
ditulis y1=2x
c. Pada judul kolom C,
ditulis y2=(⅟2)x
Sehingga akan
didapat data seperti ini:
3) Kemudian buatlah
rumus sebagai berikut:
-
Persamaan y1=2x
a. Pada kotak B2, ketik
=2^A2
b. Pada kotak B3, ketik
=2^A3
c. Pada kotak B4, ketik
=2^A4
d. Pada kotak B5, ketik
=2^A5
e. Pada kotak B6, ketik
=2^A6
f. Pada kotak B7, ketik
=2^A7
g. Pada kotak B8, ketik
=2^A8
h. Pada kotak B9, ketik
=2^A9
i.
Dst sampai pada kotak B42, ketik =2^A42
-
Persamaan y2=(⅟2)x
a. Pada
kotak C2, ketik =(1/2)^A2
b. Pada
kotak C3, ketik =(1/2)^A3
c. Pada
kotak C4, ketik =(1/2)^A4
d. Pada
kotak C5, ketik =(1/2)^A5
e. Pada
kotak C6, ketik =(1/2)^A6
f. Pada
kotak C7, ketik =(1/2)^A7
g. Pada
kotak C8, ketik =(1/2)^A8
h. Pada
kotak C9, ketik =(1/2)^A9
i.
Pada kotak C42,
ketik =(1/2)^A42
Sehingga akan
didapat data seperti ini:
4) Kemudian buatlah grafik dari kedua data
tersebut dalam bentuk diagram garis. Caranya: Untuk membuat diagram batang,
klik insert pada menu bar, klik line kemudian pilih gambar yang akan digunakan,
klik finish.
Sehingga akan didapat gambar seperti berikut ini:
5) Letakkan grafik dari
kedua data tersebut kedalam chart4dengan
cara:
a. Klik design pada menu bar, kemudian klik move
chart
b. Pilih new sheet, kemudian tentukan crat yang diinginkan, klik ok
Sehingga akan didapat gambar seperti ini:
5.
Grafik Fungsi Trigonometri
Tujuan:
a.
Mahasiswa dapat mennghitung nilai dari y=sin x, y=cos x, y= tan x, y=cotan
x
b.
Mahasiswa dapat menggambar grafik fungsi trigonometri
c.
Mahasiswa dapat menggambar grafik dari fungsi y= sin x, y= cos x, y= tan x,
dan
y= cotan x
Langkah-langkah kegiatan:
1)
Bukalah program Microsof Excel.
2)
Tulis pada tiap kotak sel aktif sebagai
berikut:
a. Pada kolom A, tulis angka (data) kelipatan 15
dari 0 s/d 360 untuk nilai X
b. Pada kolom B, tulis
y= sin x
c. Pada kolom C, tulis
y= cos x
d. Pada kolom D, tulis
y= tan x
e. Pada kolom E, tulis
y= cotan x
Sehingga akan didapat data seperti ini:
3) Kemudian buatlah rumus sebagai berikut:
-
Rumus mencari niai dari persamaan y= sin x
a. Pada kotak B2, ketik =SIN(RADIANS(A2))
b.
Pada kotak B3, ketik =SIN(RADIANS(A3))
c.
Pada kotak B4, ketik =SIN(RADIANS(A4))
d.
Pada kotak B5, ketik =SIN(RADIANS(A5))
e.
Pada kotak B6, ketik =SIN(RADIANS(A6))
f.
Pada kotak B7, ketik =SIN(RADIANS(A7))
g.
Pada kotak B8, ketik =SIN(RADIANS(A8))
h.
Pada kotak B9, ketik =SIN(RADIANS(A9))
i.
Dst sampai pada kotak B26, ketik =SIN(RADIANS(A26))
-
Rumus mencari nilai dari persamaan y= cos x
a.
Pada kotak C2, ketik =COS(RADIANS(A2))
b.
Pada kotak C3, ketik =COS(RADIANS(A3))
c.
Pada kotak C4, ketik =COS(RADIANS(A4))
d.
Pada kotak C5, ketik =COS(RADIANS(A5))
e.
Pada kotak C6, ketik =COS(RADIANS(A6))
f.
Pada kotak C7, ketik =COS(RADIANS(A7))
g.
Pada kotak C8, ketik =COS(RADIANS(A8))
h.
Pada kotak C9, ketik =COS(RADIANS(A9))
i.
Dst sampai pada kotak C26, ketik =COS(RADIANS(A26))
-
Rumus mencari nilai dari persamaan y= tan x
a.
Pada kotak D2, ketik =TAN(RADIANS(A2))
b.
Pada kotak D3, ketik =TAN(RADIANS(A3))
c.
Pada kotak D4, ketik =TAN(RADIANS(A4))
d.
Pada kotak D5, ketik =TAN(RADIANS(A5))
e.
Pada kotak D6, ketik =TAN(RADIANS(A6))
f.
Pada kotak D7, ketik =TAN(RADIANS(A7))
g.
Pada kotak D8, ketik =TAN(RADIANS(A8))
h.
Pada kotak D9, ketik =TAN(RADIANS(A9))
i.
Dst sampai pada kotak D26, ketik =TAN(R8DIANS(A26))
-
Rumus mencari nilai dari persamaan y= cotan x
a.
Pada kotak D2, ketik =1/TAN(RADIANS(A2))
b.
Pada kotak D3, ketik =1/TAN(RADIANS(A3))
c.
Pada kotak D4, ketik =1/TAN(RADIANS(A4))
d.
Pada kotak D5, ketik =1/TAN(RADIANS(A5))
e.
Pada kotak D6, ketik =1/TAN(RADIANS(A6))
f.
Pada kotak D7, ketik =1/TAN(RADIANS(A7))
g.
Pada kotak D8, ketik =1/TAN(RADIANS(A8))
h.
Pada kotak D9, ketik =1/TAN(RADIANS(A9))
i.
Dst sampai pada kotak D26, ketik =1/TAN(RADIANS(A26))
Sehingga akan didapat data seperti ini:
4)
Kemudian buatlah grafik dari keempat data tersebut dalam bentuk diagram
garis. Caranya: Untuk
membuat diagram batang, klik insert
pada menu bar, klik line kemudian pilih gambar yang akan digunakan,
klik finish.
Sehingga akan didapat gambar seperti berikut ini:
5)
Letakkan grafik dari kedua data tersebut
kedalam chart5dengan cara:
a. Klik design pada menu bar, kemudian klik move
chart
b. Pilih new sheet, kemudian tentukan crat yang diinginkan, klik ok
Sehingga akan
didapat gambar seperti ini:
6)
Kemudian buatlah grafik satu persatu dari keempat data tersebut dalam
bentuk diagram garis dengan menggunakan data-data diatas. Caranya: Untuk
membuat diagram batang, blok terlebih dahulu kolom yang akan digunakan.
Kemudian klik insert pada menu bar, klik line kemudian pilih gambar
yang akan digunakan, klik finish.
Sehingga akan diperoleh gambar seperti ini:
D. PRAKTIKUM VI
1. Fungsi dari VLOOKUP
Tujuan:
Ø Mahasiswa mengetahui
kriteria nilai yang telah ditentukan di samping table data dengan cara data
tersebut tesusun vertika.
langkah-langkah
kegiatan:
1)
Bukalah program Microsof Excel.
2)
Tulis pada tiap kotak sel aktif sebagai
berikut:
a. Pada judul kolom A,
tulis angka(Nomer) dari 1 s/d 10 untuk NOMER
b. Pada judul kolom B,
tulis NAMA MAHASISWA
c. Pada judul kolom C,
tulis NILAI
d. Pada judul kolom D,
tulis PREDIKAT
e. Pada kolom H8 s/d
H12, ditulis data NILAI
f. Pada kolom I8 s/d
I12, ditulis data PREDIKAT
Sehingga akan
didapat data seperti ini:
3)
Kemudian buat rumus sebagai berikut:
a. Pada kotak D2, ketik
=VLOOKUP(C2,$H$8:$I$12,2,0)
b. Pada kotak D3, ketik
=VLOOKUP(C3,$H$8:$I$12,2,0)
c. Pada kotak D4, ketik
=VLOOKUP(C4,$H$8:$I$12,2,0)
d. Pada kotak D5, ketik
=VLOOKUP(C5,$H$8:$I$12,2,0)
e. Pada kotak D6, ketik
=VLOOKUP(C6,$H$8:$I$12,2,0)
f. Pada kotak D7, ketik
=VLOOKUP(C7,$H$8:$I$12,2,0)
g. Pada kotak D8, ketik
=VLOOKUP(C8,$H$8:$I$12,2,0)
h. Pada kotak D9, ketik
=VLOOKUP(C9,$H$8:$I$12,2,0)
i.
Pada kotak D10, ketik =VLOOKUP(C10,$H$8:$I$12,2,0)
j.
Pada kotak D11, ketik =VLOOKUP(C11,$H$8:$I$12,2,0)
Dari rumus tersebut
memiliki keterangan sebagai berikut:
Dan sehingga dapat
diperoleh data seperti ini:
2. Fungsi dari
HLOOKUP
Tujuan:
Ø Mahasiswa mengetahui
kriteria nilai yang telah ditentukan di samping table data dengan cara data
tersebut tesusun horizontal.
Langkah-langkah
kegiatan:
1)
Bukalah program Microsof Excel.
2)
Tulis pada tiap kotak sel aktif sebagai
berikut:
a. Pada judul kolom A, tulis
angka(Nomer) dari 1 s/d 10 untuk NOMER
b. Pada judul kolom B,
tulis NAMA MAHASISWA
c. Pada judul kolom C,
tulis NILAI
d. Pada judul kolom D,
tulis PREDIKAT
e. Pada kolom
H2,I2,J2,K2,L2, tulis data untuk NILAI
f. Pada kolom
H3,I3,J3,K3,L3, tulis data untuk PREDIKAT
Sehingga akan
diperoleh data seperti berikut:
3)
Kemudian buat rumus sebagai berikut:
a. Pada kotak D2, ketik
=HLOOKUP(C2,$H$2:$L$3,2,0)
b. Pada kotak D3, ketik
=HLOOKUP(C3,$H$2:$L$3,2,0)
c. Pada kotak D4, ketik
=HLOOKUP(C4,$H$2:$L$3,2,0)
d. Pada kotak D5, ketik
=HLOOKUP(C5,$H$2:$L$3,2,0)
e. Pada kotak D6, ketik
=HLOOKUP(C6,$H$2:$L$3,2,0)
f. Pada kotak D7, ketik
=HLOOKUP(C7,$H$2:$L$3,2,0)
g. Pada koak D8, ketik
=HLOOKUP(C8,$H$2:$L$3,2,0)
h. Pada ktakm D9, ketik
=HLOOKUP(C9,$H$2:$L$3,2,0)
i.
Pada kotak D10, ketik =HLOOKUP(C10,$H$2:$L$3,2,0)
j.
Pada kotak D11, ketik =HLOOKUP(C11,$H$2:$L$3,2,0)
Dari rumus tersebut
memiliki keterangan sebagai berikut:
Sehingga akan
diperoleh data seperti ini:
3. Menghitung Nilai
Ujian Nasional
Tujuan :
Ø Mahasiswa dapat lebih
mudah mengitung nilai ujian dan rata-rata nilai keseluruhan
Ø Mahasiswa mengetahui kriteria nilai yang
telah ditentukan di samping table data dengan cara data tersebut tesusun
vertika.
A. Membuat Daftar Nama Serta Nilai Mata
Pelajaran Yang Di Ujikan
Langkah-langkah
kegiatan:
1)
Bukalah program Microsof Excel.
2)
Tulis pada tiap kotak sel aktif sebagai
berikut:
a. Pada judul kolom A,
tulis angka dari 1 s/d 10 untuk NOMER
b. Pada judul kolom B,
tulis nomer untuk NIM
c. Pada judul kolom C,
tulis NAMA MAHASISWA
d. Pada judul kolom D,
tulis nilai (data) untuk BHS. INDONESIA
e. Pada judul kolom E,
tulis nilai (data) untuk BHS. INGGRIS
f. Pada judul kolom F,
tulis nilai (data) untuk IPA
g. Pada judul kolom G,
tulis nilai (data) untuk IPS
h. Pada judul kolom H,
tulis nilai (data) untuk MATEMATIKA
i.
Pada judul kolom I, tulis JUMLAH
j.
Pada judul kolom J, tulis RATA-RATA
k. Pada judul kolom K,
tulis PERINGKAT
l.
Pada kolom A13 s/d A73, tulis nilai
(data) dari 40 s/d 100 untuk NILAI
m. Pada kolom B13 s/d
B73, tulis nilai (data) untuk KRITERIA dari NILAI tersebut
n. Pada sheet diganti nama menjadi LEGGER
Sehingga akan
didapat data seperti ini:
B. Membuat Laporan Nilai Ujian Nasional
Langkah-langkah
kegiatan:
1)
Bukalah program Microsof Excel.
2)
Tulis pada tiap kotak sel aktif sebagai
berikut:
a. Buat judul terlebih
dahulu
b. Pada judul kolom A4,
tulis NAMA
c. Pada judul kolom A5,
tulis NO URUT
d. Pada judul kolom A9
s/d A13, tulis angka untuk NOMER
e. Pada judul kolom B9
s/d B13, tulis jenis MATA PELAJARAN
f. Pada judul kolom C7
s/d D7, tulis NILAI
g. Pada judul kolom C8,
tulis ANGKA
h. Pada judul kolom D8,
tulis HURUF
i.
Pada kolom judul B14, tulis RATA-RATA
j.
Pada kolom D16, tulis ALAMAT dan TANGGAL
k. Pada kolom D22,
tulis NAMA KEPALA SEKOLAH
Sehingga akan akan
diperoleh data seperti ini:
3)
Kemudian buat rumus seperti berikut:
Ø Mencari NAMA
Pada kotak B4, ketik
=VLOOKUP($B$5,'LEGGER!'!$A$2:$K$11,3)
Ø No urut tersebut
tanpa rumus tetapi ditulis sendiri sesuai keinginan
Ø Mancari nilai dalam
bentuk ANGKA
a. Pada kotak C9, ketik
=VLOOKUP($B$5,'LEGGER!'!$A$2:$K$11,4)
b. Pada kotak C10,
ketik =VLOOKUP($B$5,'LEGGER!'!$A$2:$K$11,5)
c. Pada kotak C11,
ketik =VLOOKUP($B$5,'LEGGER!'!$A$2:$K$11,6)
d. Pada kotak C12,
ketik =VLOOKUP($B$5,'LEGGER!'!$A$2:$K$11,7)
e. Pada kotak C13,
ketik =VLOOKUP($B$5,'LEGGER!'!$A$2:$K$11,8)
Dari rumus-rumus
diatas memiliki keteragan sebagai berikut:
Ø Mencari nilai dalam
bentuk HURUF
a. Pada kotak D9, ketik
=VLOOKUP(C9,'LEGGER!'!$A$13:$B$73,2)
b. Pada kotak D10,
ketik =VLOOKUP(C10,'LEGGER!'!$A$13:$B$73,2)
c. Pada kotak D11,
ketik =VLOOKUP(C11,'LEGGER!'!$A$13:$B$73,2)
d. Pada kotak D12,
ketik =VLOOKUP(C12,'LEGGER!'!$A$13:$B$73,2)
e. Pada kotak D13,
ketik =VLOOKUP(C13,'LEGGER!'!$A$13:$B$73,2)
Dari rumus diatas
memiliki keterangan sebagai berikut:
Ø Mencari RATA-RATA
-
Dalam bentuk angka
Pada kotak C14,
ketik =VLOOKUP($B$5,'LEGGER!'!$A$2:$K$11,10)
-
Dalam bentuk huruf
Pada kotak D14, ketik =VLOOKUP(C14,'LEGGER!'!$A$13:$B$73,2)
Sehingga akan
didapat data seperti ini:
E. PRAKTIKUM VII
1. Laporan Penjualan
Media
Tujuan:
Ø Mahasiswa dapat menghitung
jumlah penjualan media dengan menggunak kode barang
Ø Masiswa dapat
menghitung jumlah harga pada penjualan media
a. Terlebih dahulu
tulis JUDUL TABEL
b. Pada judul kolom A,
tulis angka dari 1 s/d 15 untuk NOMER
c. Pada judul kolom B,
tulis NAMA MEDIA
d. Pada judul kolom C,
tulis KODE MEDIA
e. Pada judul kolom D,
tulis angka(data) untuk HARGA MEDIA
f. Pada judul kolom E,
tulis angka (data) untuk VOLUME PENJUALAN PADA TANGGAL 1
g. Pada judul kolom F,
tulis angka (data) untuk VOLUME PENJUALAN PADA TANGGAL 2
h. Pada judul kolom G,
tulis angka (data) untuk VOLUME PENJUALAN PADA TANGGAL 3
i.
Pada judul kolom H, tulis angka (data)
untuk VOLUME PENJUALAN PADA TANGGAL 4
j.
Pada judul kolom I, tulis angka (data)
untuk VOLUME PENJUALAN PADA TANGGAL 5
k. Pada judul kolom J,
tulis angka (data) untuk VOLUME PENJUALAN PADA TANGGAL 6
l.
Pada judul kolom K, tulis angka (data)
untuk VOLUME PENJUALAN PADA TANGGAL 7
m. Pada judul kolom L,
tulis JUMLAH TERJUAL
n. Pada judul kolom M,
tulis JUMLAH HARGA
o. Pada baris ke-21,
tulis JUMLAH KORAN TERJUAL
p. Pada baris ke-22,
tulis JUMLAH TABLOID TERJUAL
q. Pada baris ke-23,
tulis JUMLAH MAJALAH TERJUAL
r.
Pada baris ke-24, tulis TOTAL
Sehingga akan
didapat data seperti ini:
1)
Buatlah rumus sebagai berikut:
-
Mencari Jumlah Terjual
a. Pada kotak L5, ketik
=SUM(E5:K5)
b. Pada kotak L6, ketik
=SUM(E6:K6)
c. Pada kotak L7, ketik
=SUM(E7:K7)
d. Pada kotak L8, ketik
=SUM(E8:K8)
e. Pada kotak L9, ketik
=SUM(E9:K9)
f. Pada kotak L10,
ketik =SUM(E10:K10)
g. Pada kotak L11,
ketik =SUM(E11:K11)
h. Pada kotak L12,
ketik =SUM(E12:K12)
i.
Pada kotak L13, ketik =SUM(E13:K13)
j.
Pada kotak L14, ketik =SUM(E14:K14)
k. Pada kotak L15, ketik
=SUM(E15:K15)
l.
Pada kotak L16, ketik =SUM(E16:K16)
m. Pada kotak L17,
ketik =SUM(E17:K17)
n. Pada kotak L18,
ketik =SUM(E18:K18)
o. Pada kotak L19,
ketik =SUM(E19:K19)
-
Mencari Jumlah Harga
a. Pada kotak M5, ketik
=D5*L5
b. Pada kotak M6, ketik
=D6*L6
c. Pada kotak M7, ketik
=D7*L7
d. Pada kotak M8, ketik
=D8*L8
e. Pada kotak M9, ketik
=D9*L9
f. Pada kotak M10,
ketik =D10*L10
g. Pada kotak M11,
ketik =D11*L11
h. Pada kotak M12,
ketik =D12*L12
i.
Pada kotak M13, ketik =D13*L13
j.
Pada kotak M14, ketik =D14*L14
k. Pada kotak M15,
ketik =D15*L15
l.
Pada kotak M16 ketik =D16*L16
m. Pada kotak M17,
ketik =D17*L17
n. Pada kotak M18,
ketik =D18*L18
o. Pada kotak M19,
ketik =D19*L19
-
Mencari Jumlah Koran terjual
Pada kotak L21,
ketik =SUMIF(C5:C19,"K",L5:L19)
-
Mencari Jumlah Tabloid terjual
Pada kotak L22,
ketik =SUMIF(C5:C19,"T",L5:L19)
-
Mencari Jumlah Majalah terjual
Pada kotak L23,
ketik =SUMIF(C5:C19,"M",L5:L19)
-
Mencari Total dari ketiga media tersebut
Pada kotak L24,
ketik =SUM(L21:L23)
-
Mencari Jumlah Harga Koran keseluruhan
Pada kotak M21,
ketik =SUMIF(C5:C19,"K",M5:M19)
-
Mencari Jumlah Harga Tabloid keseluruhan
Pada kotak M22,
ketik =SUMIF(C5:C19,"T",M5:M19)
-
Mencari Jumlah Harga Majalah keseluruhan
Pada kotak M23,
ketik =SUMIF(C5:C19,"M",M5:M19)
-
Mencari Total harga dari ketiga madia
tersebut
Pada kotak M24,
ketik =SUM(M21:M23)
Sehingga akan
didapat data seperti ini:
2. Daftar Penjualan Tiket
Tujuan:
Ø Mahasiswa dapat mendaftarkan nma orang dengan menggunakan
kode
Ø Mahasiswa dapat memahami fungsi IF
Ø Mahasiswa dapat menghitung HARGA PEMBELIAN, DISKON, dan
HARGA BAYAR
Ø Mahasiswa dapat memahami fungsi fari VLOOKUP
Langkah-langkah kegiatan:
1)
Bukalah program Microsof Excel.
2)
Tulis pada tiap kotak sel aktif sebagai
berikut:
a. Terlebih dahulu
dibuat JUDUL TABEL
b. Pada judul kolom A,
ditulis data untuk KODE PEMBELI
c. Pada judul kolom B,
ditulis NAMA PEMBELI
d. Pada judul kolom C,
dituis data untuk KODE BARANG
e. Pada judul kolom D,
ditulis NAMA BIS
f. Pada judul kolom E,
ditulis data untuk JUMLAH BARANG
g. Pada judul kolom F,
ditulis HARHGA PEMBELIAN
h. Pada judul kolom G,
ditulis DISKON
i.
Pada judul kolom H, ditulis HARGA BAYAR
j.
Pada judul kolom A14 s/d B14, ditulis
NAMA PEMBELI
k. Pada kolom A15 s/d
A19, ditulis data KODE PEMBELI
l.
Pada kolom B15 s/d B19, ditulis data NAMA
PEMBELI
Maka akan diperoleh
data seperti ini:
3)
Buatlah rumus sebagai berikut:
Ø Mencari Nama Pembeli
dengan rumus sebagai berikut:
a. Pada kotak B5, ketik
=VLOOKUP(A5,$A$15:$B$19,2)
b. Pada kotak B6, ketik
=VLOOKUP(A6,$A$15:$B$19,2)
c. Pada kotak B7, ketik
=VLOOKUP(A7,$A$15:$B$19,2)
d. Pada kotak B8, ketik
=VLOOKUP(A8,$A$15:$B$19,2)
e. Pada kotak B9, ketik
=VLOOKUP(A9,$A$15:$B$19,2)
f. Pada kotak B10,
ketik =VLOOKUP(A10,$A$15:$B$19,2)
g. Pada kotak B11,
ketik =VLOOKUP(A11,$A$15:$B$19,2)
h. Pada kotak B12,
ketik =VLOOKUP(A12,$A$15:$B$19,2)
Ø Mencari Nama Bis
dengan rumus sebagai berikut:
a. Pada
kotak D5, ketik
=IF(MID(C5,4,2)="11","SANTOSO",IF(MID(C5,4,2)="22","SUMBER
ALAM",IF(MID(C5,4,2)="33","DAMRI")))
b. Pada
kotak D6, ketik =IF(MID(C6,4,2)="11","SANTOSO",IF(MID(C6,4,2)="22","SUMBER
ALAM",IF(MID(C6,4,2)="33","DAMRI")))
c. Pada
kotak D7, ketik
=IF(MID(C7,4,2)="11","SANTOSO",IF(MID(C7,4,2)="22","SUMBER
ALAM",IF(MID(C7,4,2)="33","DAMRI")))
d. Pada
kotak D8, ketik =IF(MID(C8,4,2)="11","SANTOSO",IF(MID(C8,4,2)="22","SUMBER
ALAM",IF(MID(C8,4,2)="33","DAMRI")))
e. Pada
kotak D9, ketik =IF(MID(C9,4,2)="11","SANTOSO",IF(MID(C9,4,2)="22","SUMBER
ALAM",IF(MID(C9,4,2)="33","DAMRI")))
f. Pada
kotak D10, ketik =IF(MID(C10,4,2)="11","SANTOSO",IF(MID(C10,4,2)="22","SUMBER
ALAM",IF(MID(C10,4,2)="33","DAMRI")))
g. Pada
kotak D11, ketik =IF(MID(C11,4,2)="11","SANTOSO",IF(MID(C11,4,2)="22","SUMBER
ALAM",IF(MID(C11,4,2)="33","DAMRI")))
h. Pada
kotak D12, ketik =IF(MID(C12,4,2)="11","SANTOSO",IF(MID(C12,4,2)="22","SUMBER
ALAM",IF(MID(C12,4,2)="33","DAMRI")))
Ø Menghitung
harga pembelian menggunakan rumus sebagai berikut:
a. Pada
kotak F5, ketik =IF(MID(C5,4,2)="11",E5*250000,IF(MID(C5,4,2)="22",E5*300000,IF(MID(C5,4,2)="33",E5*220000)))
b. Pada
kotak F6, ketik
=IF(MID(C6,4,2)="11",E6*250000,IF(MID(C6,4,2)="22",E5*300000,IF(MID(C6,4,2)="33",E6*220000)))
c. Pada
kotak F7, ketik =IF(MID(C7,4,2)="11",E7*250000,IF(MID(C7,4,2)="22",E7*300000,IF(MID(C7,4,2)="33",E7*220000)))
d. Pada
kotak F8, ketik =IF(MID(C8,4,2)="11",E8*250000,IF(MID(C8,4,2)="22",E8*300000,IF(MID(C8,4,2)="33",E8*220000)))
e. Pada
kotak F9, ketik =IF(MID(C9,4,2)="11",E9*250000,IF(MID(C9,4,2)="22",E9*300000,IF(MID(C9,4,2)="33",E9*220000)))
f. Pada
kotak F10, ketik =IF(MID(C10,4,2)="11",E10*250000,IF(MID(C10,4,2)="22",E10*300000,IF(MID(C10,4,2)="33",E10*220000)))
g. Pada
kotak F11, ketik =IF(MID(C11,4,2)="11",E11*250000,IF(MID(C11,4,2)="22",E11*300000,IF(MID(C11,4,2)="33",E11*220000)))
h. Pada
kotak F12, ketik =IF(MID(C12,4,2)="11",E12*250000,IF(MID(C12,4,2)="22",E12*300000,IF(MID(C12,4,2)="33",E12*220000)))
WINPLOT
Program winplot adalah salah satu
perangkat lunak computer yang dapat digunakan untuk membantu pembelajaran
matematika yang terkait dengan grafik fungsi baik dimensi dua maupun dimensi
tiga secara interaktif. Fasilitas yang menarik dari program ini adalah
fasilitas animasinya yang begitu mudah. Misalnya, variasi atau perubahan
koefisien, konstanta suatu fungsi
akan nampak dengan jelas bagaimana perubahan dalam grafiknya.
Membuka Program
Winplot
Dengan mengklik dua kali pada file, maka
jendela Winplot akan muncul seperti gambar
berikut ini:
Jendela utama Winplot memuat dua menu utama yaitu Window dan Help. Menu Window memuat
beberapa sub menu:
Submenu
|
Keterangan
|
2-dim
|
Membuka program winplot untuk grafik dimensi dua.
|
3-dim
|
Membuka program winplot untuk grafik dimensi tiga.
|
Guess
|
Membuka program winplot untuk menebak fungsi dari grafik dua
dimensi yang diberikan secara acak.
|
Mapping
|
Membuka program winplot untuk masalah pemetaan.
|
Open last
|
Membuka file yang terakhir dibuka saat program dijalankan
kembali.
|
Use default
|
Mengembalikan tampilan settingan awal.
|
Exit
|
Keluar dari program winplot.
|
Menu Help terdiri dari sub menu help dan
about. Sub menu help berisi tentang keterangan penggunaan program secara umum,
sedangkan sub menu about berisi tentang informasi identitas dan sumber program
winplot.
1. WINPLOT 2-dim
Untuk menjalankan sub menu 2-dim dapat
dilakukan dengan mengklik: Window > 2-dim (tanda ”>” berarti
”dilanjutkan”), maka akan muncul tampilan jendela 2-dim seperti berikut:
Menggambar Grafik suatu Persamaan
Untuk membuat grafik persamaan baru dengan
mengklik menu Equa. Ada 4 jenis
pembangkit kurva yang ditawarkan, yaitu:
1) Explicit Grafik y sebagai fungsi eksplisit dari x.
2)
Parametric Grafik kurva parameter dalam bentuk x
= f ( t ), y = g(t ) dimana f dan
g merupakan fungsi eksplisit dari parameter t.
Dengan menyusun g ( t ) t maka didapat grafik x sebagai fungsi
eksplisit dari y, yaitu x = f ( y ).
3)
Implicit Grafik relasi implisit antara x dan y yang dirumuskan f (x,y) = konstan.
4)
Polar Grafik kurva polar dimana r dalam koordinat polar merupakan fungsi
eksplisit, f (
t ), dari sudut polar theta (yaitu t).
Klik menu Equa, kemudian pilih
perintah Explicit maka akan muncul
kotak dialog seperti berikut:
Untuk memasukkan rumus dalam Winplot beberapa konversi berikut ini:
Perkalian dilambangkan dengan *
Pembagian dilambangkan dengan /
Penambahan dilambangkan dengan +
Pengurangan dilambangkan dengan –
Eksponensial dilambangkan dengan ^
Nama-nama fungsi utama yang dibentuk dalam
winplot adalah sebagai berikut:
abs(x) adalah nilai mutlak dari x
sgn(x) adalah signum atau sign function = abs(x)/x
sqr(x) adalah akar dua dari x (untuk x tidak negative)
root(n,x) adalah akar pangkat n dari x
fact(n) adalah n factorial (n!)
exp(x) adalah fungsi eksponensial yang dihitung berdasarkan x
ln(x) adalah fungsi logaritma dengan bilangan pokok e untuk x positif.
Log(x) adalah fungsi logaritma dengan bilangan pokok 10 untuk x poitif.
Sin(x) adalah fungsi sinus dari x (semua
argumen fungsi trigonometri dianggap dalam radian)
arcsin(x) adalah arc atau invers sinus.
Cos(x) adalah kosinus dari x
Arccos(x) adalah arc atau invers kosinus
tan(x) adalah tangen dari x
arctan(x) adalah arc atau invers tangen
sinh(x) adalah sinus hiperbolik dari x
cosh(x) adalah kosinus hiperbolik dari x
tanh(x) adalah tangen hiperbolik dari x
pi adalah konstanta untuk pi = 3.14159265...
+ komentar + 1 komentar
mantap min, makasih
Lampu servis hp led
Posting Komentar